Mengabdi 48 Tahun, KRL Seri Tokyu 8500 Akhiri Masa Bakti dengan Tokyu

REDigest.web.id, 13/2 – KRL Tokyu 8500 tentu bukanlah hal yang asing bagi para pembaca. Di Indonesia, seri KRL yang telah diimpor sejak 2006 silam ini masih beroperasi hingga kini. Ada tiga rangkaian, yakni 8604F, 8610F, dan 8618F yang saat ini masih berdinas pada Januari 2023. Sementara di Tokyu sendiri, KRL seri ini baru benar-benar pensiun pada Januari 2023.
Melansir dari Tetsudo, rangkaian terakhir yang masih bertahan adalah 8637F. Rangkaian ini baru saja menyelesaikan perjalanan terakhirnya pada Rabu (25/1) lalu. Rangkaian 8637F ini cukup spesial karena memiliki ciri khas berupa striping warna biru, alih-alih merah seperti pada KRL seri 8500 lainnya.
Sebelum pensiun, KRL seri 8500 ini tersisa dua rangkaian saja dalam waktu cukup lama. Rangkaian lain yang menemani 8637F di hari tuanya adalah 8631F. Pada 25 Mei 2022 silam, rangkaian 8631F pensiun, menyisakan 8637F sebatang kara hingga Januari 2023.
Perjalanan 48 Tahun

Karir KRL seri Tokyu 8500 ini tentulah tidak sebentar. KRL ini pertama kali lahir pada tahun 1975 untuk memenuhi kebutuhan armada di Jalur Denentoshi. Pada awalnya, KRL seri 8500 memiliki panjang formasi hanya empat kereta saja. Namun dalam perjalanannya, KRL seri 8500 menjadi memiliki panjang 10 kereta untuk Jalur Denentoshi, dan 5 kereta untuk Jalur Oimachi.
Terdapat 42 rangkaian KRL seri 8500 yang Tokyu operasikan, yakni 38 rangkaian di Jalur Denentoshi dan 4 rangkaian di Jalur Oimachi, dengan total 400 kereta. Selain kedua jalur ini, rangkaian KRL seri 8500 juga mengenal through service ke Jalur Tokyo Metro Hanzomon, Tobu Isesaki, dan Tobu Skytree.
Penggantian KRL seri 8500 sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak 20 tahun lalu. Tokyu memperkenalkan KRL seri 5000 pada tahun 2002 untuk menggantikan KRL seri 8500. Akan tetapi, KRL ini tidak sepenuhnya pensiun hingga kemudian hadir KRL seri 2020. Untuk itu pun, Tokyu membutuhkan waktu dari 2018 hingga 2023 sebelum kemudian KRL seri 8500 benar-benar pensiun.

Setelah pensiun pun, sejumlah KRL seri 8500 ini menjalani kehidupan kedua di sejumlah operator lain. Di antaranya adalah Nagaden, Chichibu, dan tentu saja KAI Commuter. (RED/IHF)
Kirimkan saja ke Indonesia sebagai hibah, oleh kita masih bisa lagi dioperasikan hingga 20 tahun lagi