BusBus Rapid Transit/PerkotaanKereta ApiMRT Jakarta

Dampak Pembangunan MRT Fase ke 2, TransJakarta Relokasi Halte Sementara dan Rekayasa Koridor

TransJakarta Harmoni
Ilustrasi: halte Harmoni saat jam 5 pagi hari. Halte transit ini bersama dua halte lainnya akan direlokasi dan dibuat halte sementara. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 28/2 – Pembangunan MRT Jakarta fase 2 dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Jakarta Kota terus dilakukan, pembangunan proyek ini secara keselurahan membuat beberapa jalan dan prasarana umum mengalami penyesuaian alur, termasuk halte bus TransJakarta.

Jika sebelumnya halte yang terdampak yaitu halte Bank Indonesia dan Glodok, kini bertambah tiga halte lainnya yang direlokasi ke halte sementara. Mengutip dari Twitter TransJakarta tiga halte tersebut di antaranya halte Mangga Besar (mulai 25/2), halte Sawah Besar (mulai 28/2), dan halte Harmoni (mulai 3/3).

MRT Jakarta fase 2
Letak halte lama dan halte sementara TransJakarta. | Foto: Siaran pers MRT Jakarta
Halte TransJakarta
Halte sementara TransJakarta Sawah Besar. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Halte-halte tersebut akan dibongkar dan digantikan dengan halte sementara. Pada siaran pers MRT Jakarta penempan halte sementara Mangga Besar terletak di sisi selatan halte lama, sedangkan halte sementara Sawah Besar dan Harmoni berada di sisi utara dari halte lama. Selain itu model halte sementara yang dibuat merupakan halte terpisah alias halte satu arah, sehingga pengguna yang hendak turun dan putar balik ke arah sebelumnya tidak bisa dilakukan di halte ini.

Selain halte, rute bus TransJakarta juga mengalami penyesuaian, di mana beberapa koridor bus akan di ubah alur lintasannya, bahkan beberapa di antaranya tidak singgah di halte Harmoni selama masa pembangunan ini.

Rute TransJakarta
Rute TransJakarta yang mengalami perubahan efek dari pembangunan MRT fase 2 ini. | Sumber data: Busway Fans Club, diolah kembali Litbang RED

Selain itu terdapat penambahan dan pengurangan koridor, yaitu koridor 8A rute Harmoni-Juanda-Grogol 2 via Tomang yang sementara dihapus dikarenakan rute tersebut diisi oleh koridor 8 yang direkayasa, di mana rute semulanya Lebak Bulus-Grogol-Harmoni via RS Sumber Waras menjadi Lebak Bulus-Grogol 2-Pasar Baru via Tomang.

Lalu terdapat koridor baru yaitu koridor 3H rute Jelambar-Kali Besar-Kota. Koridor ini merupakan rute shuttle yang menghubungkan pengguna dari lintasan Koridor 1 menuju lintasan koridor 3 dan koridor 8 atau sebaliknya. (RED/EPP)

Perbaruan, Rabu 1 Maret 2023 21.49: Berdasarkan informasi terbaru dari PT TransJakarta, perpindahan halte Harmoni Central Busway mundur dari Jumat (3/3) menjadi Sabtu (4/3). Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi dapat, untuk rute Angkutan Malam Hari mengikuti rute pada siang harinya.

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×