BusInternasional

Karoseri Laksana Ekspor Bodi New Legacy SR3 Panorama ke Luar Negeri

Laksana Laos
Unit ekspor Laksana new Legacy SR3 Panorama. | Foto: Instagram Karoseri Laksana

REDigest.web.id, 1/3 – Sudah beberapa kali karoseri Laksana telah mengekspor lini produknya ke luar negeri, di antaranya ke negara Kepulauan Fiji, Bangladesh, dan Timor Leste. Kali ini karoseri Laksana kembali mengirimkan bus yang akan di ekspor, dan negara yang segera dituju berbeda dari negara-negara sebelumnya.

Laksana Laos
Unit ini menjadi SR3 pertama yang dikirim ke luar negeri. | Foto: dokumentasi tim karoseri Laksana

Dari press release karoseri Laksana menjelaskan bahwa Laksana mengekspor empat unit bus dengan bodi New Legacy SR3 Panorama ke negara Laos. Ada yang unik pada rilisan bus ini, yaitu sasis yang digunakan adalah Scania K410iB model 4×2, di mana sasis dengan mesin DC13-107 berkapasitas 13000 CC ini umumnya di Indonesia memiliki sumbu roda dan penggerak 6×2 atau dikenal dengan sebutan bus tronton.

Bejeu SR2 K410
Ilustrasi: Bejeu B65 Scania K410iB 6×2. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Selain sasis, tata letak setir bus juga berbeda. Unit SR3 negara Laos ini menggunakan setir kiri dalam pengoperasian bus ini, hal tersebut dikarenakan negara Laos memiliki budaya setir kendaraan di sisi kiri dan sistem jalan raya berjalan di sisi kanan.

Laksana Laos
Berbeda dengan Indonesia, sasis Scania yang digunakan memakai model setir kiri. | Foto: dokumentasi tim karoseri Laksana

Peruntukan dinasan bus ini direncanakan akan bertugas sebagai angkutan sektor pertambangan. Kapasitas bus ini dapat menampung 45 orang dengan fasilitas di antaranya air conditioner, 2 LCD TV, sabuk pengaman 3 titik, tuas reclining seat, dan palu pemecah kaca.

Laksana Laos
Interior bus yang dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik. | Foto: Instagram Karoseri Laksana

Saat ini keempat bus tersebut sedang dalam proses pengiriman dari pelabuhan dan siap untuk masuk ke dalam kapal menuju Laos. Dengan ini Laksana kembali menambah daftar negara di mana unit busnya diekspor ke luar negeri dan dapat dinikmati oleh operator dan masyarakat di negara tersebut. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×