Berita KAInternasionalKereta Api

Mogok Kerja Akibatkan Perjalanan Kereta Jerman Berhenti Selama Sehari

Ilustrasi: KRL komuter, salah satu layanan DB yang terdampak oleh mogok kerja. | Foto: Steve Knight, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons

REDigest.web.id, 25/4 – Hari Jumat bukanlah hari yang baik bagi penduduk Jerman yang hendak menggunakan kereta. Para pekerja sektor perkeretaapian, baik milik negara maupun swasta menyatakan mogok kerja. Hal ini menyebabkan perjalanan kereta di negara tersebut nyaris terhenti.

Melansir dari situs thelocal.com, Eisenbahn- und Verkehrsgewerkschaft (EVG) selaku serikat pekerja perkeretaapian dan transportasi Jerman melaksanakan mogok kerja massal pada hari Jumat, 21 April 2023. Aksi tersebut berlangsung hingga jam 11 pagi waktu setempat.

EVG menuntut perusahaan untuk memberi kenaikan gaji sebesar 12% dalam jangka satu tahun untuk para pekerja yang mereka wakilkan. Selain itu, mereka menambahkan bahwa mereka meminta kenaikan upah minimal 650 euro (atau sekitar 10.7 juta rupiah) setiap bulannya.

Akibat mogok kerja tersebut, Deutsche Bahn (DB), perusahaan kereta api milik Jerman sempat mengalami staff shortage. Melansir dari railtech.com, dari kereta antar kota, kereta cepat, hingga kereta komuter pun terhenti karena pemogokan dari pihak pekerja. Oleh karena itu, selama sekitar delapan jam lamanya, stasiun-stasiun yang berada di Jerman menjadi sepi tanpa penumpang maupun pegawai.

Hari ini (25/4), bila sesuai dengan rencana, pihak DB dan EVG akan melaksanakan negosiasi mengenai isu upah dan tuntutan pekerja yang di proteskan oleh serikat pekerja. (RED/DS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×