Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Selamat Datang Mei, Bagaimana Nasib KRL Bekas?

Ilustrasi: KRL Commuter Line di Jabodetabek | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 1/5 – Musim cuti bersama Idulfitri 1444H/2023 berlalu sudah. Para pengguna KRL Commuter Line pun mungkin masih ingat, pemerintah pada April silam menjanjikan penentuan nasib KRL bekas setelah lebaran.

Melansir dari Detik Finance, pada 12 April lalu Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan penentuan nasib impor KRL adalah setelah lebaran, atau awal Mei 2023. Ia mengakui kebtuhan akan tambahan armada kereta saat ini memang sangat tinggi. Saat itu ia mengklaim pengambilan keputusan ini tidak sempat jika harus sebelum lebaran. Hal ini karena saat itu ia menilai liburan sudah dekat.

Kartika Wirjoatmodjo juga menyebutkan ia akan menemui Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh Senin (17/4) depan. Dia juga akan lapor ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terkait impor darurat KRL pada 17 April lalu.

Pria dengan panggilan akrab Tiko ini mengatakan impor ini juga diperlukan karena adanya penumpukan penumpang di jam-jam sibuk. Jam-jam sibuk tersebut adalah jam 6-8 pagi dan 5-6 sore. Ia mengatakan kebutuhan impor darurat ini adalah sekitar 10-12 rangkaian KRL.

Seperti yang sebelumnya Tim REDaksi beritakan, BPKP pada 6 April silam tidak merekomendasikan impor KRL bekas. Menurut mereka, armada KRL masih dapat menampung pengguna, dan pembagian operasional KRL menurut mereka juga tidak tepat. Para warganet pun sangat kecewa dengan hasil rekomendasi dari BPKP ini.

Sekarang sudah bulan Mei, jadi bagaimana dengan janji nasib KRL tersebut? (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Selamat Datang Mei, Bagaimana Nasib KRL Bekas?

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×