BusBus Antar KotaBus Rapid TransitEventRagam

GIIAS 2023: Dari Bus Model Baru Jetbus5 Hingga Bus Dengan Inovasi Unik

Giias
3 bus tingkat dari 3 karoseri berbeda: Tentrem new Avante D2 facelift, Adiputro Jetbus5 SDD, Laksana new Legacy SR3 DD. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 11/8 – Dalam kurun waktu satu tahun terakhir banyak kejutan dan inovasi pada dunia perbusan Indonesia, hal-hal tersebut meliputi dari suatu karoseri yang pertama kalinya membuat bodi Sleeper, hingga regenerasi model bus yang dibuat semakin modern dan kekinian.

Tidak hanya bagian eksterior, di interior pun banyak inovasi baru yang semakin memprioritaskan kenyamanan pengguna bus, mulai dari dua kelas yang berbeda dalam satu bus (Suites Combi atau Dream One) hingga penggunaan kursi yang kaya akan fitur penunjang diiringi dengan kursi yang ergonomis serta nyaman.

Lantas pada event GIIAS 2023 ini bus apa saja yang dipamerkan dan inovasi apa yang dibagikan kepada para pengunjung? Berikut dokumentasinya

Adiputro

Giias
Jetbus5 Scania K410cB bakal unit PO Siliwangi Antar Nusa. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Karoseri paling populer di Indonesia dan berasal dari kota Malang ini memajang 9 bus sekaligus pada GIIAS tahun ini, menjadikan Adiputro sebagai booth dengan jumlah unit bus paling banyak yang dipamerkan. Dengan unit artis Jetbus5, bus ini adalah generasi terbaru yang didesain lebih modern dengan desain lampu yang berbeda dari generasi sebelumnya serta pembenahan pada sektor dashboard dan panel louver AC.

Giias
Dashboard dan louver AC terbaru pada Jetbus5. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Diketahui pada booth Adiputro ini sebagian besar bus telah dibeli atau dimiliki oleh beberapa perusahaan otobus, dan update 20 Agustus 2023 unit bus yang dipajang pada booth Adiputro beserta handover kepada perusahaan otobus (PO) antara lain :

  • Jetbus MC sasis Isuzu NLR55 (Trans Semarang)
  • Jetbus5 SHD sasis Scania K410cB (Sempati Star)
  • Jetbus5 SHD SG sasis Scania K450cB (Siliwangi Antar Nusa)
  • Jetbus5 SDD sasis Volvo B11R-450 (Gunung Harta)
  • Jetbus Roamer 4×4 (bus pertambangan)
  • Jetbus Transit electric bus KGM Edison Motors (TransJakarta)
  • Jetbus5 MHD SG sasis Mercy OH 1626 AT (Jackal Holiday)
  • Jetbus5 Dream Coach sasis Mercy OH 1626 AT (Pandawa 87)
  • Jetbus5 MD sasis Mercy OF 917 (SS Travelink)

Laksana

Giias
New Legacy SR3 XHD Ultimate-R sasis Hino RM 280, unit ini memiliki beberapa custom khusus seperti bentuk fog lamp yang berbeda hingga lampu variasi di beberapa sudut bus. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Karoseri asal Ungaran Jawa Tengah ini memamerkan 6 bus. Di antaranya ada Legacy SR3 Double Decker Ultimate sasis Volvo B11R-450 I-Shift bakal PO Harapan Jaya, Legacy SR3 Double Decker Ultimate sasis Scania K410cB Opticruise bakal PO Rosalia Indah, Legacy SR3 XHD Ultimate sasis Volvo B11R-450 I-Shift bakal PO Gunung Harta divisi Bali, Legacy SR3 Suites Combi Ultimate sasis Hino RM 280 bakal PO Tividi, Legacy SR3 XHD Ultimate-R sasis Hino RM 280 bakal PO Subur Jaya, dan Tourista SR3 Ultimate bakal PO Starbus by Sinar Jaya Group.

Giias
Kiri atas dan bawah: First Class Seat pada SR3 Suites Combi Ultimate, kanan: USB port yang support untuk kabel type C. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Salah satu sosok perhatian yang unik dari semua unit tersebut terdapat pada Legacy SR3 Suites Combi Ultimate, di mana berbeda dengan interior Suites Combi yang terdiri dari kelas Eksekutif dan Sleeper, unit satu ini memiliki konfigurasi kelas yaitu Sleeper Suites Class dan Sleeper First Class, dan tampilan First Class ini memiliki privasi bak First Class di pesawat terbang. Tidak sampai situ, seperti Adiputro, Laksana juga membenahi tampilan panel louver AC, bahkan disediakan juga USB port untuk perangkat dengan colokan USB type C. Namun fasilitas tersebut tidak tersedia pada varian non Ultimate.

Tentrem

Giias
Avante H9 Grand Captain sasis Volvo B11R-450 bakal unit PO MTrans. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Tetangga dari karoseri Adiputro ini ikut menampilkan beberapa unit unggulannya, antara lain model New Avante D2 facelift sasis Scania K410cB Opticruise bakal PO Harapan Jaya, New Avante H9 faceliftGrand Captain” sasis Volvo B11R-450 I-Shift bakal PO MTrans, New Avante H8 faceliftGrand Captain” sasis Volvo B8R-330 ZF transmission yang juga dimiliki oleh PO MTrans, New Avante H8 facelift Aluminium Body sasis Hino RM 280 bakal PO KYM Trans, dan New Avante H7 facelift Priority (Sleeper Bus) sasis Hino RM 280 yang juga dimiliki oleh PO Harapan Jaya.

Giias
Konsep Grand Captain: di atas ruang kemudi sopir terdapat tempat duduk ala sleeper seat. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Di Tentrem inovasi terbaru adalah brand Grand Captain di mana konsep kursi penumpang pada bus jenis single deck ini tidak seperti pada umumnya yang berada di belakang tempat duduk sopir, melainkan di atas sopir dan memiliki tatanan kursi sleeper di baris pertama dan kursi biasa di baris kedua hingga belakang. Format ini menyerupai konsep Jetbus UHD, namun kursi paling depan pada Jetbus UHD merupakan kursi biasa.

ATPM

Selain di booth karoseri, terdapat bus lain yang ada di booth agen tunggal pemegang merek (ATPM), ialah bus TransJakarta “Mini Trans” di booth Hino dengan bodi Laksana new Nucleus5 sasis Hino GB 150 AT dan bus Trans Jatim di booth Mitsubishi dengan bodi Tentrem Velocity W5 sasis Mitsubishi FE 84G-BC. Khusus Trans Jatim, bus ini akan diproyeksikan menjadi koridor 2 dengan rute Surabaya-Mojokerto.

Giias
BRT Trans Jatim pada booth Mitsubishi. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Bila dihitung, ada lebih dari 20 bus yang di pamerkan pada perhelatan otomotif terbesar di Indonesia ini, melalui inovasi fitur, desain, dan kenyamanan, membuat industri bus baik karoseri maupun PO memberikan nuansa yang baru dalam dunia perbusan Indonesia, tertarik untuk menyambangi salah satu dari puluhan bus tersebut? (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “GIIAS 2023: Dari Bus Model Baru Jetbus5 Hingga Bus Dengan Inovasi Unik

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×