BusBus Antar Kota

Jetbus5 eks Pameran GIIAS 2023 Sebagian Telah Rilis dan Mulai Mengaspal di Jalanan

Jetbus5
Jetbus5 SDD eks unit pameran GIIAS 2023 milik PO Gunung Harta di agen Pasar Rebo saat hari perdana jalan dari Bogor dan Jakarta menuju Surabaya-Malang. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 28/9 – Pasca event GIIAS 2023 unit-unit bus pameran kembali ke karoseri untuk beberapa penyesuaian dan penyempurnaan kembali, termasuk salah satunya unit Jetbus5 buatan karoseri Adiputro dari model medium bus hingga double decker. Dan sejak beberapa hari belakangan unit-unit tersebut kembali rilis dan sudah dilengkapi dengan nama perusahaan otobus (PO) masing-masing. Jetbus5 milik siapa sajakah itu?

Pada awal September (1/9) unit Jetbus5 pertama yang rilis adalah Jetbus5 MD sasis Mercedes-Benz OF 917 LE Euro 4 yang dimiliki oleh perusahaan otobus asal Bali, PO Travelink Trans. Bus medium ini dipergunakan sebagai bus pariwisata yang dapat pengguna sewa baik berkeliling di sekitaran Bali atau ke luar pulau seperti Jawa ataupun Lombok.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hisyam N (@hisyam_2542)

Selang dua minggu kemudian (15/9) giliran Jetbus5 Dream Coach punya PO Pandawa 87 yang rilis dari karoseri Adiputro. Bus yang dibuat di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG Automatic Transmission ini merupakan bus sleeper dengan tatanan kursi menyerupai hotel kapsul. Tidak diketahui unit tersebut dialokasikan untuk divisi Pasuruan, Boyolali, Karawang, atau lainnya, namun unit sleeper Pandawa 87 ini juga ditugaskan sebagai bus pariwisata.

Rilisan selanjutnya (21/9) adalah Jetbus5 MHD singleglass dengan sasis juga Mercedes-Benz OH 1626 NG Automatic Transmission. Bus tersebut dimiliki oleh PO Jackal Holidays yang lagi-lagi juga merupakan bus pariwisata yang berasal dari Bandung.

Dan berselang satu hari kemudian (22/9) kali ini Jetbus5 SDD milik PO Gunung Harta yang rilis dengan menggunakan sasis Volvo B11R-450 I-SHIFT Euro 5. Berbeda dari tiga bus sebelumnya, bus tingkat dengan nomor lambung GHTS-096 ini diperuntukkan sebagai bus AKAP, dan per sejak kemarin (26/9) bus tersebut resmi berdinas pada jalur Jakarta-Malang PP.

Jetbus5
PO Gunung Harta GHTS-096 bodi Jetbus5 Super Double Decker eks GIIAS 2023 bermanuver keluar dari agen Pasar Rebo. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Saat ini tersisa dua bus Jetbus5 eks pameran GIIAS 2023 yang masih berada di karoseri Adiputro, yaitu Jetbus5 SHD doubleglass sasis Scania K410cB Opticruise milik PO Sempati Star dan Jetbus5 SHD singleglass sasis Scania K450cB Opticruise milik PO Siliwangi Antar Nusa. Kedua bus yang merupakan PO asal Sumatra ini masih dalam proses pembenahan untuk siap dirilis.

Unit Massal

Selain keenam bus tersebut, unit-unit pemesan pertama Jetbus5 yang diproduksi massal milik beberapa PO lainnya sebagian besar masih berada di karoseri Adiputro, penyebabnya adalah produksi lampu depan, lampu belakang, serta spion yang mengalami keterlambatan supplier.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena desain perlampuan Jetbus5 yang sepenuhnya baru membutuhkan waktu untuk dibuat secara massif. Dan sebagian unit kini telah terpasang lampu-lampu tersebut dan sedang dalam tahap final check.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

Walau saat ini keberadaan Jetbus5 di jalan masih minim, namun seperti peribahasa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” kelak populasi Jetbus5 dalam beberapa waktu kedepan semakin banyak dijumpai di jalan dan tidak menjadi hal yang langka. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×