Berita KADebutIndonesiaKereta Api

Jalur LRT Utsunomiya Resmi Beroperasi

Jalur LRT Utsunomiya
Parade yang mengiringi pembukaan Jalur LRT Utsunomiya | Foto: Japanese Trains

REDigest.web.id, 27/8 – Setelah menjalani uji coba yang cukup panjang, akhirnya Jalur LRT Utsunomiya resmi beroperasi melayani penumpang. Seperti dilansir dari Asahi Shimbun, peresmian layanan ini dilakukan pada Sabtu (26/8) kemarin.

Pembukaan jalur ini bisa dikatakan momen bersejarah di perkeretaapian Jepang. Pasalnya jalur ini merupakan jalur tram pertama di Jepang yang dibuka dalam 75 tahun terakhir. Bukan jalur hasil rombakan atau perpanjangan rute trem melainkan jalur yang dibangun dari 0.

Diresmikannya jalur ini ditandai dengan pemotongan pita oleh pejabat Kota Utsunomiya, pejabat Prefektur Tochigi, dan pejabat Utsunomiya Light Rail Co. di Stasiun Pintu Timur Utsunomiya pada pukul 10 waktu setempat.

Pemotongan pita oleh pejabat setempat yang menandai dibukanya Jalur LRT Utsunomiya | Japanese Trains

Peresmian Jalur LRT ini berlangsung sangat meriah. Parade marching band mengiringi perjalanan perdana LRT Utsunomiya. Perjalanan perdana mengangkut tamu undangan yang sudah memiliki tiket. Layanan baru dibuka untuk umum pada pukul 3 sore waktu setempat.

Jalur LRT Utsunomiya membentang sejauh 14,6 kilometer menghubungkan Pintu Timur Stasiun Utsunomiya dengan Haga Takenazawa Industrial Park. Terdapat 13 stasiun perhentian di sepanjang jalur ini. Dipilihnya tram sebagai moda penghubung dimaksudkan untuk mempermudah lansia untuk menggunakan layanan.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×