Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Masih dalam Proses Izin Operasi, Uji Coba Gratis KCIC Berlangsung Mulai September

Ilustrasi: Kereta Comprehensive Inspection Train (CIT) KCIC di wilayah Karawang | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 10/8 – KCIC secara resmi menyatakan dalam rilis pers uji coba terbatas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan bermula pada September 2023 mendatang. Menghadapi hal ini, pihaknya pun mempersiapkan agar program uji coba terbatas berjalan dengan baik.

Melansir dari rilis pers KCIC, persiapan yang pihaknya lakukan adalah uji coba sarana dan prasarana. KCIC mengklaim uji coba ini telah berjalan dengan lancar. Selain itu, KCIC juga sedang melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana bersama dengan Kementerian Perhubungan. Pihaknya mengikuti tahapan tersebut dengan mempersiapkan data dan informasi demi kelancaran sertifikasi. Selain itu, KCIC juga mempersiapkan akses stasiun agar siap digunakan.

Proses uji coba KCIC rencananya akan melibatkan para stakeholder khususnya masyarakat di sekitar jalur kereta cepat. Hal ini merupakan bentuk apresiasi KCIC terhadap dukungan masyarakat atas proyek ini. Nantinya, dalam masa uji coba ini masyarakat dapat mencoba kereta cepat secara gratis. Selain itu, KCIC akan membuka kesempatan pendaftaran uji coba bagi masyarakat lainnya dengan pendaftaran secara mandiri.

Untuk pendaftaran ini nantinya akan tersedia informasi dari pihak KCIC melalui media resmi.

DJKA: Proses Izin Operasi Masih dalam Progres

Menambahkan rilis pers tersebut, dalam pernyataan kepada Tempo, Eva Chairunisa, General Manager Corporate Secretary PT KCIC mengatakan proses sertifikasi berlangsung lancar tanpa catatan khusus. Meski demikian, ia mengatakan kemungkinan dari ke-11 rangkaian kereta cepat (keterangan 12 rangkaian terdiri atas 11 rangkaian reguler dan 1 rangkaian kereta CIT-TimREDaksi) belum dapat beroperasi seluruhnya.

Sedangkan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan proses penerbitan izin operasi KCIC masih dalam proses. Dalam pernyataan tanggal 4 Agustus lalu ia mengatakan uji coba KCJB sudah memasuki uji dinamis. Melansir dari Instagram resmi Balai Pengujian KA, proses uji sertifikasi KCJB sendiri sudah berlangsung sejak akhir Juli silam (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×