Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Mantap! Giliran Kereta Tidur Kompartemen Jalani Uji Coba

Uji coba kompartemen
Rangkaian uji coba kereta tidur kompartemen melintas Jembatan Misran, di antara Stasiun Klari-Kosambi | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 25/9 – Jelang ulang tahun yang ke-78, tampak sangat banyak sekali uji coba sarana kereta jarak jauh. Sebut saja kereta eksekutif stainless steel buatan INKA, kereta ekonomi New Generation hasil modifikasi, dan sekarang kereta tidur kompartemen pun turut serta.

Berdasarkan pantauan lapangan, terdapat dua unit kereta tidur kompartemen yang ikut serta dalam uji coba ini. Selain itu, juga terdapat sebuah kereta makan dan pembangkit beserta dengan sebuah kereta ekonomi New Generation. Rangkaian KLB uji coba ini berangkat dari Stasiun Manggarai sekitar pukul 10.45.

Kereta kompartemen pertama dalam rangkaian uji coba. Tampak atap yang juga ikut berwarna biru terang. Selain itu, nomor sarananya kosong sehingga tidak dapat dilacak wujud aslinya untuk saat ini. | Foto: Senna Hananto

Dalam perjalanannya, tampak penampilan kereta tidur kompartemen hasil modifikasi ini sangatlah mencolok. Pasalnya kereta ini memiliki warna biru muda yang sangat ngejreng, bahkan atapnya pun ikut berwarna biru! Sedangkan di samping keretanya tampak striping keemasan yang menghiasi. Akan tetapi, warna keemasan ini malah jadi kurang kontras berbanding dengan warna biru muda pada rangkaian. Selain itu juga, tampak toilet menjadi hanya ada pada satu sisi, yakni sisi kiri kereta dari arah Jakarta.

Unit kedua dari kereta tidur kompartemen yang menjalani uji coba | Foto: Senna Hananto

Selain itu, tampak jelas pada kedua foto di atas penomoran kereta yang masih kosong melompong, meskipun status kereta ini adalah hasil modifikasi eks kereta eksekutif buatan 2008. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 54 tahun 2016, memang sudah ada regulasi untuk kereta tidur. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada sarana kereta api yang menerapkan penomoran tersebut.

Rangkaian KLB uji coba kereta kompartemen meninggalkan Cikampek menuju Jakarta | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Setelah tiba di Stasiun Cikampek, rangkaian KLB uji coba ini bergerak kembali dari Stasiun Cikampek menuju Stasiun Manggarai. Kereta ini tiba sekitar pukul 14.00 di Stasiun Manggarai dan langsung melakukan gerakan langsir dari jalur 4 menuju Balai Yasa Manggarai. Dari pantauan lapangan di lokasi, tampak sekilas fitur interior pada kereta kompartemen ini seperti model kursi lie flat, dan perangkat entertainment berbentuk tablet. Sedangkan untuk fasilitas interior sendiri kebanyakan masih tertutup dengan korden.

Tidak sabar mencoba kereta kompartemen? Tunggu informasi resmi dari KAI ya! (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Mantap! Giliran Kereta Tidur Kompartemen Jalani Uji Coba

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×