Berita KAKereta Api

Tumpukan Kereta Terbakar di Purwakarta

Personel Damkar Purwakarta sedang melakukan pemadaman kereta yang terbakar | Foto: Damkar Purwakarta

REDigest.web.id, 3/9 – Musibah kebakaran kereta bekas kembali terjadi di dekat Stasiun Purwakarta. Meskipun mendera kereta bekas yang sudah tidak beroperasi, peristiwa ini tetap memberikan kerugian. Beruntung tidak ada perjalanan kereta api yang terdampak dari peristiwa ini.

Mengutip dari Antara Jabar, api pertama kali terlihat pada pukul 11.10 pada tumpukan kereta di samping Stasiun Purwakarta, tepatnya di Pusat Kegudangan dan Logistik PT. KAI Purwakarta. Petugas pemadam kebakaran Pemkab Purwakarta dengan sigap menerjunkan empat unit mobil pemadam, sehingga pada pukul 12.15 api berhasil di padamkan.

Sejauh ini penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi oleh pihak berwajib. Melansir dari Detik, Tim Inafis Polres Purwakarta telah melakukan identifikasi di lokasi kejadian dan mengamankan sejumlah barang bukti. Dugaan awal api berasal dari kereta pada tumpukan kedua yang kemudian menyebar ke tumpukan kereta di bawahnya.

Seiring penuhnya Depo dan Balai Yasa di Jakarta, area di sekitar stasiun Purwakarta sejak tahun 2013 menjadi tempat untuk kereta yang sudah tidak beroperasi sebelum mengalami perucatan. Pada tahun 2019 lalu, kejadian kebakaran serupa pada tumpukan kereta sudah pernah terjadi. Semenjak bulan Maret 2023, sebanyak 1.485 kereta di area tersebut telah menjadi milik PT Barata yang akan menjadi bahan baku pemanfaatan scrap. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×