Berita KAInternasionalKereta Api

India Perlihatkan Desain Kereta Sleeper Vande Bharat

Render 3D desain rangkaian sleeper Vandhe Bharat | Foto: Times Special

REDigest.web.id, 14/10 – Menteri Perkeretaapian India Ashwini merilis render desain kereta sleeper Vande Bharat Express pada Kamis (12/10) kemarin. Melansir dari India Today, purwarupa kereta sleeper Vande Bharat dikerjakan oleh dua perusahaan yakni Integral Coach Factory (ICF) dan Bharat Earth Mover Limited (BEML).

Interior kereta sleeper Vande Bharat Express didesain memiliki warna putih dengan ornamen kayu untuk memberikan kesan klasik dan adem bagi penumpang. Interior kereta juga dilengkapi dengan lampu pandu di lantai yang digunakan untuk memandu penumpang saat lampu kereta diredupkan atau saat kondisi darurat. Penerangan di dalam kereta juga dibuat lebih lembut guna memberikan rasa nyaman bagi penumpang.

Berdasarkan keterangan dari General Manager ICF BG Mallya, Satu rangkaian sleeper Vande Bharat Express terdiri atas 16 kereta dapat mengangkut total 857 orang yang terdiri atas 823 penumpang dan 34 kru kereta. Dalam satu rangkaian kereta sleeper Vande Bharat terdiri atas 11 kereta kasur 3 tingkat, 4 kereta kasur 2 tingkat, dan 1 kereta kompartemen yang semuanya dilengkapi pendingin udara.

Pada kereta kasur 3 tingkat satu baris bangku dapat diisi oleh 3 orang penumpang di mana kasur tengah dapat dilipat ketika siang hari agar penumpang bisa duduk dan digelar ketika malam hari ketika akan digunakan untuk tidur.

Desain kereta kasur 3 tingkat Vande Bharat Express | Foto: India Today

Pada kereta kasur 2 tingkat desainnya hampir mirip dengan kereta kasur 3 tingkat. Hanya saja tidak ada kasur lipat di bagian tengahnya. Satu baris bangku dapat diisi 2 orang penumpang. Pada kereta kasur 3 tingkat dan kereta kasur 2 tingkat, selasar kereta dibuat lebih lebar dari kereta tidur lainnya untuk mengakomodir penyandang disabilitas.

Desain kereta tidur 2 tingkat | Foto: India Today

Sementara di kereta kompartemen kasur kereta dibuat per ruangan yang mana satu ruangan kompartemen dapat diisi oleh 4 orang penumpang. Kasur kereta dibuat 2 tingkat dan lebih panjang dibandingkan kereta kasur 2 tingkat. Selain itu kereta kompartemen didesain untuk memberikan privasi untuk penumpang.

Desain kereta komparteman | Foto: India Today

Selain pendingin udara, kereta juga dilengkapi dengan stopkontak yang dapat digunakan penumpang untuk mengisi ulang daya handphone atau gadget lainnya. Rencananya kereta sleeper Vande Bharat Express akan mulai beroperasi pada Februari 2024 mendatang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×