Berita KAInternasionalKereta Api

India Resmikan Kereta Semicepat Namo Bharat Buatan Alstom

Kereta semicepat RapidX buatan Alstom India yang resmi beroperasi pada Jumat (20/10) kemarin | Foto: Alstom

REDigest.web.id, 22/10 – India resmi mengoperasikan rangkaian kereta semicepat Namo Bharat yang diproduksi oleh pabrikan Perancis, Alstom. Seperti mengutip dari rilis resmi Alstom, peresmian layanan Namo Bharat ini dilakukan pada Jumat (20/10) lalu yang dilakukan secara langsung oleh Kepala Wilayah Uttar Pradesh Shri Yogi Adiyanath dan sejumlah pejabat pemerintah lainnya.

Kereta semicepat RapidX beroperasi di jalur Duhai-Shahibabad sejauh 17 kilometer yang merupakan bagian dari proyek jalur kereta semicepat Delhi-Meerut sejauh 82,15 kilometer. Rangkaian Namo Bharat didesain oleh pusristek Alstom Hyderabad dan diproduksi oleh pabrik Alstom India di Savli, Gujarat. Rangkaian kereta semicepat Namo Bharat dapat dipacu hingga kecepatan 160 km/jam.

Rangkaian kereta semicepat Namo Bharat ini dilengkapi dengan sistem persinyalan dengan Level 3 ETCS. Sistem ini sendiri tak hanya dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta tapi juga membuat perjalanan kereta jadi lebih tepat waktu. Selain itu, ke depannya kereta akan dilengkapi dengan ATO berbasis jaringan LTE.

Seperti dikutip dari Hindustan Times, diproyeksikan layanan Namo Bharat dapat mempersingkat waktu tempuh antara Duhai hingga Shahibabad dari yang sebelumnya 30 hingga 35 menit menggunakan kendaraan pribadi menjadi hanya 12 menit. Untuk tarifnya sendiri dipatok 50 atau sekitar Rp9.500 untuk kelas standar dan 100 atau sekitar Rp19.000 untuk kelas premium.

Kereta semicepat ini sendiri aslinya bernama RapidX namun kemudian diubah namanya menjadi Namo Bharat. Rencananya sebanyak 210 kereta Namo Bharat akan diproduksi oleh Alstom dan ditargetkan seluruh rangkaian akan selesai dikirim pada 2025 mendatang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×