Fakta KAIndonesiaKereta ApiKereta CepatTeknis

Mengenal Lokomotif CC207: Yeti Dari Negeri Tirai Bambu

Lokomotif CC2072301 saat melakukan uji dinamis pada Agustus lalu | Foto:  Azmie Oktavian Budi Waluya, Wikimedia Commons, CC-BY-SA 

REDigest.web.id – Kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini sukses memperkaya khasanah sarana perkeretaapian di Indonesia. Tak hanya terpaku pada rangkaian KCIC400AF dan kereta inspeksi “dr. Huang” saja, tapi juga sarana-sarana yang mungkin jarang dilihat masyarakat.

Salah satu yang cukup menghebohkan jagat pecinta kereta api adalah lokomotif CC207 yang tersimpan di Depo Tegalluar. Sarana ini bisa dikatakan langka tak hanya karena jarang terlihat di lintas tapi juga karena hanya ada satu di Indonesia yakni CC2072301. Lokomotif ini menjadi lokomotif buatan Tiongkok kedua yang beroperasi di Indonesia setelah lokomotif langsir GK0C milik Krakatau Steel yang tiba pada 2017.

Secara penampilan, lokomotif ini tidak beda jauh dengan lokomotif DF4B dan DF4C dari China Railway yang digunakan pada masa konstruksi. Wajar saja karena lokomotif CC2072301 ini masih masuk dalam famili DF4 atau lebih tepatnya seri DF4D.

Lokomotif DF4D di Tiongkok | Foto: CRRC

Lokomotif DF4D merupakan lokomotif diesel elektrik yang pertama kali diproduksi CRRC pada tahun 1996. Lokomotif ini menggunakan transmisi AC-DC dengan mesin 16V240ZJD buatan CRRC Dalian. Lokomotif ini memiliki tenaga output sebesar 2.940 kW atau sekitar 3.942 tenaga kuda. Sebagai perbandingan lokomotif CC205 memiliki tenaga output sebesar 1.490 kW atau sekitar 2.000 tenaga kuda.

Dari segi daya kuda, lokomotif ini memang masih lebih besar dari CC205. Akan tetapi, untuk kekuatan traksi (tractive effort), lokomotif CC205 masih lebih besar dengan kekuatan traksi sesuai spesifikasi 450 kilonewton (kN), berbanding 302 kN pada DF4D spesifikasi penumpang. Meskipun demikian, Lokomotif ini memliki beban gandar 25 ton dan panjang total 21.100 mm. Lokomotif ini dapat dipacu hingga kecepatan  170 km/jam. Lokomotif DF4D sendiri memiliki beberapa sub seri yang merupakan hasil pengembangan dari lokomotif ini.

Seperti DF4DJ yang merupakan hasil pengembangan bersama Siemens menggunakan transmisi AC-AC dan DF4DD yang merupakan locomotive road-switcher atau lokomotif langsir sekaligus utama berkabin tunggal dengan desain ala lokomotif Amerika.

Lokomotif DF4DD yang memiliki desain seperti lokomotif Amerika | Wikimedia/Anna Frodesiak

Selain Indonesia, ada beberapa negara yang mengoperasikan lokomotif DF4D di luar Tiongkok seperti Korea Utara, Mongolia, Pakistan, dan Iran serta Djibouti, Ethiopia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang mengoperasikan lokomotif ini untuk kebutuhan konstruksi jalur keretanya. Dari informasi yang diperoleh tim REDaksi, lokomotif CC2072301 sendiri merupakan lokomotif baru yang dibuat oleh CRRC sebagai bagian dari paket sarana proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (RED/BTS)

Referensi:

Koreksi (22/10): Perbandingan lokomotif terkuat secara tenaga mesin diperjelas dengan perbandingan dari segi tractive effort juga. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×