Berita KAInternasionalKereta Api

13 Orang Tewas Dalam Tabrakan Kereta Api di Barat Daya India

Rangkaian kereta yang hancur akibat tabrakan yang terjadi di barat daya India | Foto: CNN

REDigest.web.id, 31/10 – Sebanyak 13 orang tewas dan 50 orang luka-luka akibat tabrakan dua kereta api yang terjadi di Distrik Vianagaram, Andhra Pradesh, India pada Minggu (29/10) kemarin. Seperti dikutip dari BBC, tabrakan melibatkan kereta api relasi Visakhapatnam-Palasa dan Visakhapatnam-Rayagada pada pukul 19:00 waktu setempat.

Sebanyak 3 kereta hancur dan terguling akibat tabrakan ini. Regu penyelamat gabungan diturunkan untuk mengevakuasi korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan kereta. Ratusan ambulans dan tenaga medis diterjunkan untuk memberikan perawatan medis bagi penumpang selamat yang berhasil dievakuasi.

Dari hasil investigasi awal, diduga KA relasi Visakhapatnam-Rayagada melanggar sinyal saat hendak mengantre di belakang KA relasi Visakhapatnam-Palasa di petak antara Alamanda dan Kantakapalle yang sedang berhenti akibat kerusakan LAA. Akibatnya tabrakan dari belakang tak dapat dihindari.

Perdana Menteri India Narendra Modi menghaturkan belasungkawa kepada para korban tabrakan melalui akun X pribadinya. Ia juga mengatakan sudah berbicara kepada Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw mengenai kecelakaan ini dan pihaknya akan memberikan bantuan kepada para korban kecelakaan.

Akibat peristiwa ini sebanyak 33 perjalanan kereta api dibatalkan dan 22 perjalanan dialihkan lewat jalur lainnya. Pihak Kementerian Perkeretaapian mengatakan akan memberikan kompensasi baik kepada korban tewas maupun luka dalam kecelakaan ini.

Tabrakan ini terjadi hanya berselang 4 bulan setelah tabrakan kereta api yang terjadi di Odisha. Sebelumnya pada 2 Juni lalu sebanyak 233 orang tewas akibat tabrakan yang melibatkan 3 KA yakni KA Coromandel Express relasi Shalimar-Chennai, KA Superfast Express relasi Bengaluru-Howrah, dan rangkaian KA barang yang tengah stabling di Stasiun Bahanga Bazaar.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×