EventGuide

Ke Acara Comifuro 17 dengan Transportasi Umum? Berikut Panduannya!

Logo Comic Frontier (Comifuro) 17 | Foto: Comifuro

REDigest.web.id, 15/12 – Tak terasa acara Comic Frontier alias Comifuro yang ke-17 sudah di depan mata! Ya, acara perhelatan besar bagi para pecinta budaya Jepang ini akan berlangsung pada Sabtu (16/12) hingga Minggu (17/12) besok. Bagi para peserta yang ingin hadir menggunakan transportasi umum, pihak Comifuro sendiri telah merilis panduan angkutan umum sejak akhir November lalu lho!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Comic Frontier (@comifuro)

Lokasi acaranya sendiri berada di ICE BSD, tepatnya di Hall 7-10. Nantinya akan tersedia shuttle bus untuk mengumpan peserta Comifuro dari dan ke Stasiun Cisauk. Stasiun ini sendiri dapat pembaca akses dari Stasiun Tanah Abang dengan menggunakan KRL Commuter Line tujuan Rangkasbitung dan Parung Panjang saja. Stasiun ini berada satu stasiun tepat setelah Stasiun Serpong, sehingga Commuter Line tujuan Serpong tidak melwati Stasiun Cisauk.

Berikut panduan dari Tim REDaksi untuk mencapai acara Comifuro dengan berbagai moda transportasi.

Panduan Transportasi Umum: Commuter Line

Ilustrasi: KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung di Stasiun Tanah Abang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk mengakses Stasiun Tanah Abang menggunakan KRL Commuter Line, berikut panduan dari Tim REDaksi:

  • Dari Bogor dan Nambo: Pembaca menggunakan KRL Commuter Line Lin Bogor tujuan Jakarta Kota atau Manggarai. Pembaca transit di Stasiun Manggarai menuju KRL Commuter Line Lin Cikarang tujuan Kampung Bandan atau Angke dan turun di Stasiun Tanah Abang.
  • Dari Bekasi dan Cikarang: Pembaca menggunakan KRL Commuter Line Lin Cikarang tujuan Angke ataupun Kampung Bandan via Manggarai dan langsung turun di Tanah Abang tanpa transit.Pembaca sebenarnya dapat menggunakan KRL Commuter Line tujuan Kampung Bandan via Pasar Senen karena rangkaiannya akan memutar ke arah Tanah Abang juga. Tetapi Tim REDaksi tidak menyarankan karena akan jauh lebih lama untuk memutar.
  • Dari Tangerang: Pembaca menggunakan KRL Commuter Line Lin Tangerang tujuan Duri. Pembaca transit di Duri menuju KRL Commuter Line Lin Cikarang tujuan Manggarai, Bekasi, atau Cikarang dan turun di Stasiun Tanah Abang.
  • Dari Tanjung Priok: Pembaca menggunakan KRL Commuter Line Lin Tanjung Priok tujuan Jakarta Kota. Pembaca transit di Stasiun Kampung Bandan menuju KRL Commuter Line Lin Cikarang tujuan Bekasi, Cikarang via Manggarai, atau Manggarai menuju Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Tanah Abang, pembaca tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung tujuan Rangkasbitung ataupun Parung Panjang untuk turun di Stasiun Cisauk.

Panduan Transportasi Umum: MRT Jakarta

Ilustrasi: Rangkaian MRT Jakarta di Fatmawati | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk mengakses Stasiun Tanah Abang menggunakan MRT Jakarta, berikut panduan dari Tim REDaksi:

  • Dari Lebak Bulus: Pembaca menggunakan MRT Jakarta tujuan Bundaran HI. Pembaca transit dari Stasiun MRT Dukuh Atas menuju Stasiun KRL Commuter Line Sudirman. Selanjutnya pembaca tinggal menaiki KRL Commuter Line tujuan Angke ataupun Kampung Bandan menuju Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Tanah Abang, pembaca tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung tujuan Rangkasbitung ataupun Parung Panjang untuk turun di Stasiun Cisauk.

Panduan Transportasi Umum: LRT Jabodebek

Ilustrasi: Rangkaian LRT Jabodebek | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk mengakses Stasiun Tanah Abang menggunakan LRT Jabodebek, berikut panduan dari Tim REDaksi:

  • Dari Harjamukti: Pembaca menggunakan LRT Jabodebek Lin Cibubur tujuan Dukuh Atas. Pembaca transit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun KRL Commuter Line Sudirman dengan jembatan integrasi. Selanjutnya pembaca tinggal menaiki KRL Commuter Line tujuan Angke ataupun Kampung Bandan menuju Stasiun Tanah Abang.
  • Dari Jatimulya: Pembaca menggunakan LRT Jabodebek Lin Bekasi tujuan Dukuh Atas. Pembaca transit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun KRL Commuter Line Sudirman dengan jembatan integrasi. Selanjutnya pembaca tinggal menaiki KRL Commuter Line tujuan Angke ataupun Kampung Bandan menuju Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Tanah Abang, pembaca tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung tujuan Rangkasbitung ataupun Parung Panjang untuk turun di Stasiun Cisauk.

Panduan Transportasi Umum: TransJakarta

TransJakarta MYS 1626
Ilustrasi: Bus TransJakarta berjalan melewati jalur eks landas pacu bandara Kemayoran. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Sayangnya, saat ini tidak ada moda TransJakarta yang secara langsung dapat mengakses venue Comifuro. Rute terdekat untuk TransJakarta adalah S11 yang melayani relasi Jelambar-BSD. Rute ini akan mengantarkan pembaca menuju (eks) Giant BSD via Tol Kebon Jeruk. Halte Jelambar dapat pembaca akses menggunakan TransJakarta di antaranya seperti Koridor 3 Monas-Kalideres, Koridor 8 Juanda-Lebak Bulus.

Ada tiga stasiun terdekat dari Lin Serpong yang bisa pembaca akses, yakni Stasiun Tanah Abang, Palmerah, dan Kebayoran. Berikut adalah akses menggunakan TransJakarta menuju stasiun tersebut:

  • Stasiun Tanah Abang: Rute 9D (Pasar Minggu-Tanah Abang), Rute 1H (Stasiun Gondangdia-Tanah Abang), dan rute 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang). Pembaca dapat transit dari Koridor 1 (Blok M-Kota pp) di Halte Thamrin menuju rute 9D.
  • Stasiun Palmerah: Rute 1B (Karet Sudirman-Stasiun Palmerah). Pembaca dapat transit dari Koridor 1 (Blok M-Kota pp) di Halte Karet Sudirman menuju rute 1B, dan dari Koridor 9 (hanya Pinang Ranti-Pluit) di Halte Senayan JCC.
  • Stasiun Kebayoran: Koridor 8 (Juanda-Lebak Bulus pp). Pembaca dapat transit menuju Stasiun Kebayoran dengan tap out dan menaiki skybridge untuk menuju Stasiun Kebayoran.

Dari ketiga stasiun tersebut, pembaca tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung tujuan Rangkasbitung ataupun Parung Panjang untuk turun di Stasiun Cisauk.

Panduan Transportasi Umum: LRT Jakarta

LRT Jakarta
Ilustrasi: Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berbelok memasuki jalur 2 Stasiun Velodrome | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Untuk mengakses Stasiun Tanah Abang menggunakan LRT Jakarta, berikut panduan dari Tim REDaksi:

  • Dari Kelapa Gading: Pembaca menggunakan LRT Jakarta tujuan Velodrome. Pembaca transit dari Stasiun MRT Dukuh Atas menuju Halte Velodrome. Selanjutnya pembaca menaiki TransJakarta Koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas) dan turun di Halte Stasiun Manggarai. Pembaca transit menuju Stasiun Manggarai dan selanjutnya tinggal menaiki KRL Commuter Line tujuan Angke ataupun Kampung Bandan menuju Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Tanah Abang, pembaca tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan KRL Commuter Line Lin Rangkasbitung tujuan Rangkasbitung ataupun Parung Panjang untuk turun di Stasiun Cisauk.

Berikut panduan bertransportasi umum menuju Comifuro 17 oleh Tim REDaksi. Bagi rekan-rekan pembaca yang berkunjung ke Comifuro, jangan lupa mampir ke booth GM-MarKA di booth komunitas yang berlokasi di Hall 8 Wing 2 dekat Maid Cafe Area dengan booth nomor 19 untuk mengetahui lebih banyak tentang perkeretaapian Jepang dan Indonesia.

Bagi yang membawa barang properti cosplay ukuran besar, untuk memerhatikan aturan batas barang bawaan ya. Dan perlu diingat untuk beberapa rute transit juga mungkin memiliki jarak jalan kaki yang jauh. Sampai jumpa di Comifuro! (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×