BusBus Antarkota/PariwisataDebut

MTrans Resmikan Bus Double Decker di Jalur Jakarta-Malang

Bus malam MTrans
MTrans M230 “Grace”, bus tingkat yang dipersiapkan untuk launching rute baru MTrans Tanjung Priok-Malang pada Sabtu (3/2) kemarin. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 4/2 – Sudah lebih dari setengah tahun perusahaan otobus asal Bali, MTrans, membuka rute bus malam Tangerang-Jakarta-Malang-Karangkates via Tol Trans Jawa sejak pertama kali hadir pada awal Juli 2023 lalu yang dimulai dari armada perintis Tentrem new Avante H8 facelift sasis Hino RM280 Euro 4 dengan satu kali jadwal berangkat 11.40 siang namun digeser menjadi 13.30 siang.

Menjelang akhir Oktober armada sebelumnya diganti dengan unit tronton super high deck yaitu Tentrem new Avante H9 facelift sasis Volvo B11R-450 Euro 5 sekaligus menambah jadwal keberangkatan, yaitu pukul 14.00 dengan brand The Ocean tujuan akhir Karangkates dan pukul 16.00 dengan brand The Sunset tujuan akhir kota Malang.

Bus MTrans
MTrans M222 “Beatrix”, bus tronton super high deck yang bertugas dengan brand layanan The Ocean. | Foto: Enrico Perdana Putra.

Dan kali ini MTrans kembali membuka rute bus malam lainnya dari dan ke Jakarta, tepatnya di terminal bus Tanjung Priok. Sejak Sabtu (3/2) pagi, banyak penumpang, kru bus, agen, dan elemen masyarakat sekitar terminal yang tertuju melihat keberadaan bus MTrans tersebut. Tidak tanggung-tanggung, unit yang diberikan ialah bus tingkat dengan model Tentrem new Avante D2 facelift dan memakai sasis Volvo B11R-450 Euro 5.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PO Mtrans (Mtrans Transport) (@mtransbali)

Meskipun unit tersebut sebelumnya telah jalan reguler dari Malang pada Jumat (2/2) malam, namun acara launching berupa tumpengan, potong pita, dan pecah kendi dilakukan pada Sabtu siang pukul 12.30 di area parkir terminal Tanjung Priok. Dihadiri oleh pengurus dan agen terkait, acara peresmian unit double decker MTrans berjalan dengan mulus.

MTrans
Acara tumpengan….. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra.
MTrans
…..gunting pita….. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra.
MTrans
…..serta doa bersama agar bus MTrans bermanfaat bagi kemajuan transportasi darat di Indonesia dan memberikan rasa aman plus nyaman bagi penumpang. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra.

Bus tingkat dengan tinggi 4,15 meter ini memiliki tiga kelas yang dapat penumpang pilih, di mana terdapat kelas Eksekutif 2-2 sebanyak 32 kursi di dek atas, kelas Super Eksekutif “Royal Sultan” 2-1 sebanyak 6 kursi di dek bawah, dan kelas Sleeper 1-1 sebanyak 2 kursi tidur di dek bawah.

Satu hal yang berbeda, kursi kelas Eksekutif model leg restnya tidak seperti unit Tronton single deck yang menggunakan double leg rest, unit double decker sendiri menggunakan single leg rest model kompartemen yang di bawahnya terdapat rak penyimpanan sepatu maupun alas kaki lainnya.

MTrans
Atas: kursi kelas Eksekutif single leg rest pada unit double decker. Bawah: kursi kelas Eksekutif double leg rest pada unit tronton super high deck. | Foto: tangkapan layar dari video trip report Andriawan Pratikto, RED/Enrico Perdana Putra.

Sesuai dengan lokasi peresmian, bus ini akan mengisi rute Tanjung Priok-Malang PP dengan lintasan penaikan/penurunan penumpang di Pulo Gadung, Pulo Gebang, Bekasi Timur, Cikarang, dan Surabaya. Sedangkan di Malang titik awal/akhir pada bus ini berada di kantor MTrans daerah Taspen, Blimbing, kota Malang.

MTrans
Kru bus MTrans double decker dan salah satu tim pengurus MTrans. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra.

Bagaimana dengan tarif? Kelas Eksekutif dibanderol sebesar Rp410.000, kelas Super Eksekutif alias Royal Sultan sebesar Rp500.000, dan kelas Sleeper pada Rp580.000. Tidak lupa bus ini juga menyematkan brand layanan seperti bus MTrans lainnya yang kali ini diberi label Blue Lagoon. Untuk pemesanan tiket pembaca dapat mengakses beberapa pilihan seperti melalui website, aplikasi di play store, atau melalui agen terdekat yang dapat dicari di akun Instagram MTrans. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×