Pelayaran

PELNI Selenggarakan Mudik Gratis Bersama BUMN dan DJPL

Kapal PELNI Labobar
Ilustrasi: kapal motor Labobar saat bersandar di pelabuhan Namlea, Pulau Buru, Maluku. Kapal ini merupakan salah satu dari beberapa jajaran kapal PELNI yang akan dipergunakan sebagai armada mudik gratis dari pemerintah. | Foto: tangkapan layar dari video trip report Nugroho Febrianto.

REDigest.web.id, 20/3 – Jika membicarakan mudik gratis tentunya terdapat beberapa moda yang mendapatkan program ini dari BUMN, seperti bus, kereta, dan kapal. Kali ini di musim arus mudik 2024 operator kapal di bawah naungan BUMN yaitu Pelayaran Nasional Indonesia atau disingkat PELNI kembali menggelar program mudik gratis 2024.

Bersumber dari salah satu postingan official PELNI di Facebook menjelaskan terdapat program mudik gratis menggunakan kapal motor (KM) PELNI yaitu KM Labobar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang diberangkatkan dari Balikpapan pada tanggal 5 April 2024 alias hanya satu arah saja.

Untuk mendapatkan tiket mudik gratis KM Labobar ini calon penumpang dapat mengakses melalui tautan tulisan ini dan periode pendaftaran dibuka dari 16 Maret-3 April 2024 hingga kuota sejumlah 315 kursi telah terpenuhi, serta calon penumpang wajib membaca syarat dan ketentuan yang PELNI cantumkan supaya tidak salah dalam melakukan validasi tiket.

 

Selain dari BUMN, Kemenhub melalui perantara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) juga mengadakan kuota mudik gratis sebanyak 13.012 tiket bagi pemudik. Masih dari salah satu postingan official PELNI program DJPL ini menyediakan beberapa kapal mudik gratis pada relasi dan tanggal tertentu, termasuk untuk arus balik. Pembelian tiket gratis mudik atau balik hanya bisa dilakukan di loket PELNI terdekat.

Untuk kapal yang digunakan cukup beragam, salah satunya KM Dobonsolo, KM Labobar, KM Nggapulu, KM Tidar, KM Dorolonda, KM Tilong Kabila, KM Binaiya, KM Kelud, KM Lawit, KM Leuser, dan lain-lain. Untuk tanggal berangkat hanya tersedia satu tanggal di periode mudik antara 27 Maret-8 April 2024. Sedangkan periode balik antara 14-23 April 2024.

Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut

Selain pemudik, PELNI dan DJPL juga mengadakan program mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut. Kapal PELNI yang digunakan pada program mudik ini adalah KM Dobonsolo yang nantinya akan melayani relasi dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang pada tanggal 5 dan 7 April 2024, serta arah sebaliknya di tanggal 13 dan 15 April 2024.

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor dibuka dari tanggal 13 Maret-4 April 2024 di mana calon pemudik selain menyiapkan sepeda motor juga menyertakan data diri, SIM C, dan STNK. Selain itu pemudik masuk ke formulir melalui tautan tulisan ini dan membaca syarat ketentuan yang berlaku pada program ini.

Sekilas mengenai armada mudik gratis sepeda motor naik kapal PELNI, KM Dobonsolo adalah kapal motor yang memiliki spesifikasi yang berbeda dari jajaran armada lainnya, di mana kapal motor PELNI pada umumnya memiliki spesifikasi hanya membawa penumpang dan barang curah di haluan dan buritan kapal.

Kapal PELNI Dobonsolo
Dek tengah KM Dobonsolo yang dapat menampung kendaraan seperti sepeda motor. | Foto: tangkapan layar dari video Om Yus Channel.

Pada KM Dobonsolo utamanya dek bagian tengah yang sejajar dengan dermaga terdapat ruang kosong yang bisa digunakan untuk membawa kendaraan dengan bukaan pintu Rollon-Rolloff alias Ro-Ro. Kapal dengan konsep tersebut dikenal dengan sebutan kapal 3 in 1 yang berarti kapal dapat membawa penumpang, komoditas barang, dan kendaraan. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×