Berita KAIndonesiaKereta Api

Blueprint KRL Buatan INKA Untuk KCI “Bocor” ke Media Sosial

REDigest.web.id, 20/4 – Jagat media sosial pecinta kereta api tengah dihebohkan oleh “bocornya” blueprint desain rangkaian KRL pesanan KAI Commuter. Blueprint ini bocor dalam video reels yang diunggah akun resmi INKA di Instagram dan Facebook pada Jumat (19/4) kemarin.

Video reels ini sendiri sebenarnya bercerita tentang kemandirian perempuan di INKA. Yang menarik perhatian adalah dalam salah satu adegan di mana pemeran video reels ini memegang blueprint desain kereta yang besar dugaan adalah rangkaian KRL pesanan KAI Commuter.

Tentu saja hal ini menghebohkan para pecinta kereta api mengingat sudah cukup lama tak terdengar progresnya. Namun banyak yang menyangsikan jika blueprint KRL pesanan KAI Commuter ini tidak sengaja bocor dalam video reels ini.


Tak lama setelah diunggah dan menjadi heboh, reels tersebut kemudian dihapus dan diganti dengan video baru yang tidak menampilkan blueprint desain KRL pesanan KAI Commuter. Dalam blueprint tersebut terlihat kereta memiliki 8 pintu (4 pada setiap sisi) dalam satu kereta dan memiliki desain selayaknya pada umumnya KRL buatan Jepang.

Bagian kabin terlihat didesain lebih luas dari desain awalnya namun pesek, tidak seperti KRL buatan INKA lainnya misalnya KfW atau EA203 Basoetta. Ada yang menyebut desain KRL ini mirip seperti E235 yang saat ini beroperasi di Jepang.

Sebelumnya pada Maret 2023 lalu, INKA dan KAI Commuter menandatangani kontrak pengadaan 16 set atau 192 unit KRL yang dilakukan di pabrik INKA Banyuwangi. Rencananya rangkaian KRL baru ini akan mulai dikerjakan pada akhir 2023 dan ditargetkan beroperasi pada awal 2025 mendatang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×