Berita KAKAI CommuterKereta Api

Penyesuaian Tarif Commuter Line Jabodetabek Mulai Dibahas (Lagi)

Gate tiket elektronik KRL
Gate tiket elektronik KRL di Jakarta Kota dan para pengguna KRL | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 26/4 – Rencana kenaikan tarif Commuter Line Jabodetabek kembali menyeruak. Seperti dikutip dari Tempo, Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal mengatakan pihaknya sudah membahas rencana ini bersama Kemenhub.

Meskipun demikian ia mengatakan pihaknya masih belum bisa memastikan kapan rencana tersebut akan direalisasikan. Pasalnya kapan rencana tersebut akan dilaksanakan merupakan hak prerogatif pemerintah selaku regulator.

Rizal mengatakan KAI Commuter hanya operator yang mengoperasikan layanan serta menjalankan mandat dari pemerintah. Sementara tarif serta biaya perawatan sarana dan prasarana menjadi tanggungan pemerintah.

Rencana kenaikan tarif Commuter Line Jabodetabek sudah mulai berembus sejak beberapa tahun yang lalu. Kenaikan tarif sempat akan dilakukan pada 1 April 2022 namun ditunda akibat protes dari sejumlah pihak. Tarif yang semula Rp3000 untuk 25 kilometer pertama dinaikan menjadi Rp5.000 dan untuk 10 kilometer selanjutnya tetap Rp1.000.

Pada 2022 lalu Kemenhub melakukan survei tentang kemampuan masyarakat menghadapi kenaikan tarif Commuter Line Jabodetabek. Dari survei tersebut disimpulkan masyarakat masih bisa menoleransi kenaikan hingga Rp5.400.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×