China Railway Luncurkan Kereta Cepat Terbarunya, CR450 Series
REDigest.web.id, 3/1 – Pada 29 Desember 2024, China Railway (CR) meluncurkan kereta cepat terbarunya, CR450, masih dalam seri kereta cepat “Fuxing”. Kereta seri CR450 ini terdiri dari dua jenis seri, yaitu CR450AF yang diproduksi oleh CRRC Qingdao Sifang dengan seri CR450AF-0201, dan CR450BF yang diproduksi oleh CRRC Changchun Railway Vehicles Co., Ltd dengan seri CR450BF-0501. Kedua prototipe ini merupakan hasil dari proyek “Railway Science and Technology Innovation Alliance”, meliputi perusahaan lokal, universitas, dan CRRC sebagai project leader. Kereta seri CR450 ini masih berada dalam satu jenis kereta cepat buatan Tiongkok terbaru saat ini, yaitu Fuxing. Sebelumnya, model kereta ini telah hadir dalam berbagai seri sejak 2016, seperti CR400AF dan CR400BF. CR400AF pun menjadi seri kereta yang digunakan di Indonesia untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh).
Dari segi desain, yang membedakan antara kedua model tersebut ialah bentuk hidung, livery yang dikenakan, serta desain interior yang digunakan. Misalnya, CR450AF buatan CRRC Qingdao Sifang mempunyai siluet panah pada sisi hidungnya yang terinspirasi dari anak panah dari senjata tradisional Tiongkok. Namun, secara konsep, mereka mempunyai beberapa ciri-ciri yang sama.
Seperti pada namanya, keunggulan utama dari CR450 adalah kecepatan maksimalnya hingga 450 km/jam. meskipun begitu, kecepatan operasinya direncanakan hanya 400 km/jam. Dilansir dari CGTN, diharapkan dengan beroperasinya kereta seri CR450 ini, waktu tempuh dapat dipersingkat dan pelayanan pada penumpang dapat ditingkatkan.
Menurut CRRC, keunggulan dari kereta seri CR450 ini dibandingkan dengan seri sebelumnya (CR400) adalah penurunan hambatan udara hingga 22 persen dan berat total kereta yang menurun 10 persen. Selain itu, terdapat penurunan kebisingan dalam kereta sejumlah 2 desibel dan peningkatan area penumpang sejumlah 4 persen. Kereta ini juga telah dioptimalkan untuk efisiensi energi.
Berbagai Jenis Kursi pada CR450AF dan BF
Kereta ini nantinya terdiri dari empat kelas, yaitu second class, first class, premium first class, dan business class. Untuk menambahkan, terdapat sedikit variasi dalam interior antara kereta seri CR450AF dan CR450BF. Pada second class, kursi disusun dengan formasi 2-3 dengan fasilitas meja makan di bagian belakang kursi, setara dengan kelas premium economy pada Whoosh.
Sementara untuk first class, kursi yang lebih besar disusun dengan formasi 2-2, setara dengan business class di Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sementara untuk kelas baru yaitu premium first class, kursi disusun dengan formasi 2-2, sama seperti first class, namun dengan ruang kaki yang lebih lega serta adanya sandaran kaki (legrest).
Untuk kelas termewah, yaitu business class, terdapat jenis-jenis kursi yang berbeda baik pada kereta CR450AF dan CR450BF. Salah satu hal yang menarik adalah adanya kursi yang mirip dengan kelas bisnis di pesawat terbang. Terdapat susunan kursi 2-2 flatbed seat yang dibuat berhadapan namun dengan sekat yang memastikan privasi penumpang terjaga. Selain itu juga adanya kompartemen untuk first class dan business class. Dengan adanya kereta cepat terbaru ini, diharapkan nantinya penumpang dapat merasakan pelayanan yang lebih baik, interior yang lebih nyaman, dan waktu tempuh yang lebih singkat. (RED/FD)