Lokomotif model bersama dengan lokomotif sungguhan yang bersama-sama dalam posisi long hood | Foto: Januar Malik
Dewasa ini kebanyakan lokomotif yang beroperasi di Indonesia adalah lokomotif dengan kabin tunggal. Lokomotif seperti ini mempunyai kabin masinis hanya di satu sisi yang disebut ujung pendek/short hood, sedangkan sisi satunya disebut ujung panjang/long hood.
Memotret lokomotif dari sisi long hoodnya bisa dilakukan pada saat lokomotif tersebut berada di lintas, baik sruntulan (berjalan sendirian) maupun dengan rangkaian, ataupun saat berhenti. Lokomotif yang berjalan pada sisi long hood di lintas terkadang menjadi bahan incaran bagi para railfans. Hal ini disebabkan Peraturan Kementerian Perhubungan no. 24/2015 yang mensyaratkan pandangan masinis bebas tidak terhalang badan lokomotif. Oleh karenanya, pemandangan lokomotif berjalan long hood di lintas saat ini hanya umum ditemukan pada saat tidak dimungkinkan untuk memutar arah lokomotif, ataupun pada saat langsir.
Langsung saja kita simak koleksi lokomotif long hood dari Tim REDaksi sebagai tema Sabtu ini!
[23/2] Lokomotif CC2018331 milik Depo Semarang Poncol keluar dari Balai Yasa Yogyakarta untuk uji coba setelah menjalani perawatan 72 bulanan (P72). Namun, lokomotif ini tampil berbeda dari lokomotif lainnya. Lokomotif CC2018331 menjadi lokomotif CC201 pertama yang menggunakan vintage livery. Lokomotif dengan nomor lama CC20169 ini kembali menggunakan livery krem-hijau yang…
REDigest.web.id - Kedatangan lokomotif CC2018331 dengan vintage livery ke wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memanglah menjadi kabar mengejutkan bagi para pecinta kereta api. Pada Kamis (7/10), lokomotif spesial satu ini berdinas menghela KA Argo Muria secara penuh dari Stasiun Semarang Tawang hingga Stasiun Gambir. Keesokan harinya, pada Jumat (8/10), lokomotif ini…
REDigest.web.id, 8/5 - Setelah bertabrakan dengan sebuah truk pada 29 Maret lalu di antara Stasiun Tabing dan Stasiun Duku, lokomotif BB3038408 (nomor lama: BB30351) kembali beroperasi. Lokomotif ini kembali beroperasi setelah menjalani perbaikan di Balai Yasa Padang. Karena tabrakan terjadi di sisi ujung panjang (long hood) lokomotif, maka terdapat perbaikan…