Beginilah Layout Stasiun Bekasi Yang Baru
[18/11]. Menyusul kawan-kawannya di Lintas Timur, Stasiun Bekasi akan menjalani revitalisasi dan mendapatkan bangunan stasiun baru. Dilansir dari Twitter @jalurbekasi, rencananya revitalisasi dan pembangunan bangunan baru stasiun akan dilakukan pada tahun ini. Revitalisasi Stasiun Bekasi merupakan bagian dari proyek Jalur Dwiganda Paket B.
Dalam rancang bangun stasiun yang diunggah oleh akun yang sama, rencananya Stasiun Bekasi akan mendapatkan penambahan jalur dari yang sebelumnya hanya 5 jalur menjadi 8 jalur. Penambahan jalur nantinya memanfaatkan lahan bekas tempat bongkar-muat batubara yang saat ini digunakan untuk pangkalan angkot dan ojek online.
Dari 8 jalur tersebut, nantinya jalur 1 sampai jalur 3 diperuntukan untuk KA jarak jauh, jalur 5 sampai 7 diperuntukan untuk Commuter Line, jalur 4 bisa digunakan keduanya, dan jalur 8 sepur badug untuk stabling KRL. Sama seperti stasiun lainnya di Lintas Timur yang sudah direvitalisasi, nantinya loket, gate, dan merchant akan ditempatkan di lantai 2 stasiun.
Selain revitalisasi Stasiun Bekasi, ada pembangunan lainnya yang masuk ke dalam DDT Paket B. Seperti pembangunan underpass Cibitung serta usulan penutupan PJL 78 atau perlintasan Stasiun Bekasi untuk mengurangi kemacetan. Ditargetkan proyek DDT Paket B akan tuntas pada Desember 2021 mendatang.
(RED/BTS)
Pingback: Revitalisasi Stasiun Bekasi, Perlintasan Jalan Perjuangan Ditutup Permanen - Railway Enthusiast Digest
Pingback: Beginilah Kesiapan Operasi Stasiun Cikarang, Bekasi, dan Manggarai Tahun 2021