KAI Lakukan Serangkaian Ujicoba Peningkatan Kecepatan Lintas

Rangkaian ujcoba peningkatan kecepatan Gambir-Bandung berjalan langsung di Manggarai
Rangkaian ujcoba peningkatan kecepatan Gambir-Bandung dengan lokomotif CC2061390 berjalan langsung di Manggarai

[18/9] Dalam dua pekan lalu telah dijalankan perjalanan KLB ujicoba peningkatan kecepatan di beberapa lintas KAI,  di antaranya adalah lintas Tasikmalaya-Kroya yang notabene telah mendapat upgrade, Bandung-Gambir, Cikampek-Semarang, dan Terowongan Ijo Baru.

Ujicoba di lintas Tasikmalaya-Kroya dilaksanakan pada 3 September lalu dengan menggunakan rangkaian KA Bogowonto. Kemudian pada tanggal 9-10 September dilakukan ujicoba peningkatan kecepatan di lintas Bandung-Gambir pp dan Bandung-Cikampek-Semarang Tawang pp. Sementara pada 9 September juga dilakukan ujicoba di terowongan Ijo baru.

Rangkaian KA Bogowonto saat diujicoba untuk peningkatan kecepatan di lintas Tasikmalaya-Kroya
Rangkaian KA Bogowonto saat diujicoba untuk peningkatan kecepatan di lintas Tasikmalaya-Kroya | Foto: Rifqi Fauziyya R

Berbeda dengan ujicoba di lintas Tasikmalaya-Kroya yang menggunakan rangkaian utuh dari KA penumpang, ujicoba di lintas Bandung-Gambir dan Bandung-Cikampek-Semarang Tawang menggunakan rangkaian idle dengan formasi 3 kereta eksekutif, 1 kereta makan, 3 kereta ekonomi, dan 1 kereta pembangkit stainless steel. Sedangkan pada ujicoba di terowongan Ijo baru digunakan dua lokomotif.

Ujicoba ini dimaksudkan untuk meningkatkan puncak kecepatan KA di lintas tersebut. Selama ini puncak kecepatan di lintas Kroya-Tasikmalaya adalah sekitar 70-90 km/jam dengan beberapa tikungan yang sebelumnya tajam telah dibuat lebih landai, lalu Bekasi-Cirebon dan Tegal-Semarang 100 km/jam, Cirebon-Tegal 105 km/jam, serta terowongan Ijo baru 60 km/jam.  Dari informasi yang beredar di media sosial, untuk lintas Bekasi-Cikampek-Semarang Tawang saat ujicoba ini dipacu hingga mendekati 120 km/jam, batas kecepatan yang dimiliki bogie K10.

Belum diketahui apakah peningkatan kecepatan ini akan diterapkan di revisi grafik perjalanan KA selanjutnya. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: