Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI dan BSD akan Bangun Stasiun Baru di Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung

konsep 3d stasiun jatake
Konsep 3D dari Stasiun Jatake | Foto: PT KAI

[27/11] Di masa kini, sudah terdapat beberapa pembangunan perumahan dengan integrasi dengan transportasi KRL. Contohnya pada 2016 lalu KAI dan Metland bekerjasama membangun Stasiun Metland Telagamurni di antara Stasiun Cibitung-Cikarang yang beroperasi pada tahun 2019. Kini KAI dan BSD juga bekerjasama untuk membangun stasiun baru di lintas Tanah Abang-Rangkasbitung.

Pada rilis persnya kemarin (26/11), PT KAI menandatangani perjanjian kerjasama dengan BSD untuk membangun, mengoperasikan stasiun baru. Rencananya stasiun baru ini akan dibangun di  Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Tepatnya antara Stasiun Cicayur-Parung Panjang yaitu Km 36+700 hingga Km 37+200. Pembangunan stasiun ini dilakukan berbarengan dengan rencana BSD membangun pemukiman di kawasan tersebut.

Stasiun yang akan dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2 ini akan memiliki 3 lantai. Fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar pelayanan pun akan dipasang, yaitu eskalator, lift, area komersial, tempat parkir sepeda, motor, dan mobil serta fasilitas integrasi moda lanjutan. Pembangunan stasiun baru ini rencananya akan dimulai pada 2021 mendatang, dengan jangka konstruksi 1,5 tahun. Dalam konsep yang beredar, tampak stasiun baru ini akan dinamai Stasiun Jatake.

tampak samping konsep 3d stasiun jatake
Tampak samping dari konsep 3D Stasiun Jatake | Foto: PT KAI

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan kolaborasi BUMN dan swasta ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk beraktivitas ke Jakarta dengan KRL. Sementara Siswanto Adisaputro selaku Kuasa Direksi BSD berharap dengan dibangunnya stasiun baru di Desa Jatake ini pihaknya dapat memenuhi kebutuhan transportasi umum masyarakat BSD dan sekitarnya. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


3 komentar pada “KAI dan BSD akan Bangun Stasiun Baru di Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×