KAI dan BSD akan Bangun Stasiun Baru di Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung

konsep 3d stasiun jatake
Konsep 3D dari Stasiun Jatake | Foto: PT KAI

[27/11] Di masa kini, sudah terdapat beberapa pembangunan perumahan dengan integrasi dengan transportasi KRL. Contohnya pada 2016 lalu KAI dan Metland bekerjasama membangun Stasiun Metland Telagamurni di antara Stasiun Cibitung-Cikarang yang beroperasi pada tahun 2019. Kini KAI dan BSD juga bekerjasama untuk membangun stasiun baru di lintas Tanah Abang-Rangkasbitung.

Pada rilis persnya kemarin (26/11), PT KAI menandatangani perjanjian kerjasama dengan BSD untuk membangun, mengoperasikan stasiun baru. Rencananya stasiun baru ini akan dibangun di  Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Tepatnya antara Stasiun Cicayur-Parung Panjang yaitu Km 36+700 hingga Km 37+200. Pembangunan stasiun ini dilakukan berbarengan dengan rencana BSD membangun pemukiman di kawasan tersebut.

Stasiun yang akan dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2 ini akan memiliki 3 lantai. Fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar pelayanan pun akan dipasang, yaitu eskalator, lift, area komersial, tempat parkir sepeda, motor, dan mobil serta fasilitas integrasi moda lanjutan. Pembangunan stasiun baru ini rencananya akan dimulai pada 2021 mendatang, dengan jangka konstruksi 1,5 tahun. Dalam konsep yang beredar, tampak stasiun baru ini akan dinamai Stasiun Jatake.

tampak samping konsep 3d stasiun jatake
Tampak samping dari konsep 3D Stasiun Jatake | Foto: PT KAI

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan kolaborasi BUMN dan swasta ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk beraktivitas ke Jakarta dengan KRL. Sementara Siswanto Adisaputro selaku Kuasa Direksi BSD berharap dengan dibangunnya stasiun baru di Desa Jatake ini pihaknya dapat memenuhi kebutuhan transportasi umum masyarakat BSD dan sekitarnya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

2 komentar pada “KAI dan BSD akan Bangun Stasiun Baru di Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung

  • Jumat, 27 November 2020 pada GMT+0700 10:51
    Permalink

    Awas ya kalau peron stasiun Jatake gak muat peronnya untuk menampung rangkaian SF 12 kayak stasiun Cisauk dan seluruh stasiun di Jalur kulon, termasuk stasiun dekat rumah pamanku dan rumah sepupuku dipanjangkan peronnya agar bisa menampung rangkaian SF 12 sampai akhir GAPEKA 2019 ya, min

    Balas
  • Pingback: Menteri Perhubungan Kunjungi Lokasi Calon Stasiun Jatake

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: