Usai Switch Over, Beginilah Pelayanan Terbaru di Stasiun Bekasi

Bangunan baru Stasiun Bekasi
Bangunan baru Stasiun Bekasi | Foto: RED/Rico Perdana Putra

[25/4] Setelah sebelumnya Stasiun Jatinegara dan Manggarai menjalani sejumlah tahap switch over, kini Stasiun Bekasi juga mendapat switch over.

Proses switch over ini dilakukan pada Jumat (23/3) malam hingga Sabtu (24/4) dini hari. Dalam proses switch over ini, pelayanan KA jarak jauh dan KRL tujuan Cikarang mengalami perpindahan. Sebelumnya pada 8 April lalu telah dilakukan uji coba jalur baru di Stasiun Bekasi dengan menggunakan KRL rangkaian BOO78 dan lokomotif CC2019204.

KA jarak jauh dan KRL tujuan Cikarang yang sebelumnya berbagi jalur 4 kini dipisah. KA jarak jauh menggunakan jalur 6, sedangkan KRL tujuan Cikarang menggunakan jalur 7. Sementara itu jalur 5 saat ini belum tersambung, dengan peronnya masih dalam pembangunan. Sedangkan menurut informasi yang Tim REDaksi himpun dari media sosial, jalur 4 untuk sementara ditutup untuk persiapan penataan ulang dan pembangunan peron baru.

Peralihan jalur Stasiun Bekasi
Jalur 5 Stasiun Bekasi dipotret dari KRL tujuan Cikarang | Foto: RED/Rico Perdana Putra

Untuk jalur 1, 2, dan 3 saat ini belum mengalami perubahan dan masih dapat digunakan. Jalur 2 dan 3 digunakan untuk KRL tujuan akhir/pemberangkatan Bekasi, sedang jalur 1 digunakan untuk KA jarak jauh dan KRL dari Cikarang. Selain itu, tampak sebuah jalur badug tanpa peron (jalur 8) yang menurut informasi yang Tim REDaksi peroleh dari media sosial akan digunakan sebagai sepur simpan.

Peron jalur 6 dan 7 Bekasi
Peron jalur 6 dan 7 Stasiun Bekasi | Foto: RED/Rico Perdana Putra

Selain itu, tampak di atas peron baru ini bangunan baru Stasiun Bekasi yang mulai tampak wujudnya. Sedangkan peron jalur 6 dan 7 sendiri tampak dihiasi dengan lantai warna merah marun, dengan tiang warna oranye. Selain itu, lift dan eskalator juga sudah mulai dipasang.

KRL Commuter Line berangkat
KRL Commuter Line berangkat dari jalur 7 Stasiun Bekasi | Foto: RED/Rico Perdana Putra

Menurut master plan Stasiun Bekasi, nantinya Stasiun Bekasi akan memiliki bangunan baru seperti stasiun-stasiun lin Bekasi lainnya. Sedangkan jumlah jalurnya akan menjadi 8 jalur, dengan jalur 1-3 untuk KA jarak jauh,dan 4-7 untuk KRL Commuter Line.

KA Argo Lawu
KA Argo Dwipangga melintas jembatan baru di sisi timur Bekasi | Foto: RED/Rico Perdana Putra
KRL Commuter Line
KRL Commuter Line melintasi wesel yang menghubungkan jalur dari jembatan baru ke jalur eksisting arah Cikarang | Foto: RED/Rico Perdana Putra

Akibat dari switch over ini, jembatan untuk jalur baru di sisi timur Stasiun Bekasi juga mulai beroperasi. Perjalanan KA arah timur (Cikarang, Cikampek) melewati jembatan baru. Sedangkan perjalanan KA arah barat (Jakarta) masih melewati jembatan lama. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: