Lintas Cibatu-Garut Kembali Diujicobakan dengan Rangkaian KA

Uji coba KA Garut
KLB Uji coba lintas Cibatu-Garut melintasi daerah Ciwalen, Garut | Foto: AB Rozak

[31/5] Setelah setahun lebih sejak uji coba dengan rangkaian KA terakhir dilakukan, KAI kembali mengujicobakan sebuah rangkaian KA ke lintas Cibatu-Garut.

Pada Senin (31/5) berlangsung uji coba lintas Cibatu-Garut dengan sebuah rangkaian kereta luar biasa (KLB). Berdasarkan informasi dari media sosial, KLB ini diketahui menggunakan rangkaian KA Mutiara Selatan yang diperpendek menjadi 4 kereta Eksekutif, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit saja. Sedangkan lokomotif penariknya adalah CC2061507.

KLB ini berangkat sekitar pukul 10 kurang dari Bandung menuju Garut. Setelah melakukan proses langsir, KLB ini kemudian kembali dari Garut sekitar pukul 1 siang. Uji coba ini sendiri disambut oleh sejumlah warga dan penggemar KA yang melihat kedatangan KA di Stasiun Garut dan lintas Cibatu-Garut.

Uji coba ini dilakukan untuk kembali meninjau kesiapan operasi lintas ini. Sebelumnya lintas Cibatu-Garut telah direncanakan beroperasi pada 2020. Namun rencana ini mundur akibat pandemi COVID-19 dan pembangunan Stasiun Garut yang kala itu belum selesai.

Sebelumnya pada April lalu Bupati Garut telah mencanangkan Stasiun Garut akan beroperasi Juni ini. Dalam pernyataannya, satu slot jadwal yakni KA lokal ke Bandung pukul 04.30 telah tersedia. Meski demikian, pihak PT KAI belum memberikan keterangan resmi terkait kapan Stasiun Garut akan sepenuhnya beroperasi. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×