KAI Operasikan Juga Lokomotif CC203 Tematik Nataru

Lokomotif CC2039813 menghela KA Sawunggalih berhenti di Stasiun Bekasi | Foto: Tri Bintang Setiawan

REDigest.web.id, 23/12 – PT Kereta Api Indonesia (KAI, persero) kembali menambah jumlah unit lokomotif tematik Natal-Tahun Baru (Nataru) 2021-2022. Kali ini, satu unit lokomotif CC203 menggunakan wrapping tematik Nataru. Lokomotif tersebut merupakan lokomotif CC2039813 milik Depo Sidotopo.

CC2039813 merupakan lokomotif CC203 pertama di kelasnya yang menggunakan wrapping tematik. Lokomotif CC203 ini menggunakan wrapping tematik nataru pada bagian maskara, bagian samping kabin, dan bagian ujung panjang. Namun, seluruh wrapping menggunakan logo KAI. Sehingga pada bagian samping lokomotif jadi terdapat dua logo KAI sekaligus. Bahkan pada bagian ujung panjang lokomotif, kedua logo KAI tersusun atas-bawah sekaligus.

Sebelumnya, KAI telah memasang wrapping tematik pada beberapa lokomotif CC206 dan beberapa rangkaian KA penumpang untuk menyambut masa angkutan Nataru 2021-2022. Rangkaian-rangkaian KA penumpang tersebut di antaranya rangkaian KA Biru Malam (Bima), Argo Sindoro, Purwojaya, Mutiara Timur, dan Singasari. Sementara itu, terdapat belasan lokomotif CC206 yang menggunakan wrapping tematik Nataru.

Selain Nataru, wrapping tematik lama masih eksis

cc203 tematik nataru
Sisi ujung panjang lokomotif CC2039813 dengan dua logo KAI | Foto: Tri Bintang Setiawan

Penambahan jumlah penggunaan wrapping tematik Nataru ini juga tidak menghapus penggunaan wrapping HUT Kemerdekaan RI dan HUT KAI. Hingga kini, penggunaan kedua jenis wrapping tersebut masih berlanjut pada lokomotif maupun rangkaian KA. Tercatat satu lokomotif CC201 dan tiga lokomotif CC206 masih menggunakan wrapping HUT RI. Begitu pula pada rangkaian KA, di mana pada rangkaian KA tertentu seperti Argo Bromo Anggrek bahkan dapat terdiri dari wrapping HUT RI dan HUT KAI sekaligus.

Ini bukan merupakan kali pertama lokomotif selain CC206 menggunakan wrapping tematik. Di masa angkutan Nataru 2020-2021, KAI Divisi Regional I Sumatera Utara memasang wrapping tematik pada beberapa lokomotif CC201 milik Depo Medan.

Kemudian pada masa angkutan lebaran 2021, KAI Divisi Regional III Palembang  dan IV Tanjung Karang juga memasang wrapping tematik pada lokomotif CC201 milik Depo Kertapati dan Tanjung Karang. Begitu pula dengan Divisi Regional II Sumatera Barat dengan lokomotif BB303 milik Depo Padang. Tidak ketinggalan pula KAI Daerah Operasi 2 Bandung yang memasang wrapping tematik HUT RI pada lokomotif CC2017723, yang hingga kini masih digunakan lokomotif tersebut.

Di masa angkutan Nataru 2021-2022, KAI Divisi Regional I Sumatera Utara kembali memasang wrapping tematik pada lokomotif CC2017704 dan CC2019302. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KAI Operasikan Juga Lokomotif CC203 Tematik Nataru

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

√ó
%d blogger menyukai ini: