KAI Operasikan Juga Lokomotif CC201 Tematik HUT RI

cc201 tematik hut ri
Lokomotif CC2017723 menghela KA Lokal Bandung Raya berangkat dari Stasiun Padalarang | Foto: Septian Alfiansyah

REDigest.web.id, 25/8 – Masih dalam suasana kemerdekaan, PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) menambah satu lagi lokomotif tematik HUT ke-76 RI. Lokomotif kelima tematik HUT ke-76 RI ini merupakan lokomotif CC201 dengan nomor CC2017723 milik depo lokomotif Bandung.

Sebelumnya, banyak pecinta kereta api yang meramaikan lini masa dengan mengisukan lokomotif ini hanya akan dipakai untuk keperluan shooting oleh KAI. Namun, lokomotif ini akhirnya juga beroperasi secara reguler. Lokomotif ini mulai beroperasi pada Selasa (24/8) lalu menghela kereta api (KA) lokal Bandung Raya.

Selain menambah jumlah keseluruhan lokomotif tematik HUT ke-76 RI, lokomotif ini juga menambah jumlah lokomotif tematik HUT ke-76 RI milik depo lokomotif Bandung menjadi tiga unit. Sebelumnya, lokomotif CC2061381 dan CC2061382 milik depo lokomotif Bandung juga telah dipasangi wrapping tematik HUT ke-76 RI dan ditugaskan untuk menghela KA Argo Parahyangan dan Argo Wilis. Sementara itu dua lokomotif lainnya yaitu CC2061501 dan CC2061502 merupakan milik depo lokomotif Cipinang dan ditugaskan untuk menghela KA Argo Bromo Anggrek dan Gajayana.

Tampak perspektif lokomotif CC2017723 dengan wrapping tematik HUT ke-76 RI | Foto: Septian Alfiansyah

Ini bukan kali pertama lokomotif CC201 menjadi lokomotif tematik. Sebelumnya pada masa angkutan Natal-Tahun Baru 2020, KAI Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara memasangkan wrapping tematik pada beberapa lokomotif CC201 milik depo lokomotif Medan. Kemudian pada masa angkutan lebaran 2021, KAI Divre III Palembang dan Divre IV Tanjung Karang juga memasangkan wrapping tematik pada beberapa lokomotif CC201 milik depo lokomotif Kertapati dan Tanjung Karang. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×