Berita KAInternasionalKereta Api

Penasaran dengan Kabar Terbaru KRD KiHa 183 di Thailand? Ini Dia!

KRD KiHA 183 nomor KiHa 183-208 telah selesai pengecatan ulang di Balai Yasa Makkasan | Foto: Adisorn Singhakarn/SRT

REDigest.web.id, 10/6 – KRD KiHa 183 telah tiba di Thailand sejak Desember 2021 lalu. Sebelumnya, State Railway of Thailand (SRT) telah mengumumkan pengadaan 17 unit KRD KiHa 183 pada September 2021 lalu. KRD ini kemudian menjalani modifikasi, di antaranya pengecatan ulang, perubahan ukuran lebar jalur, dan modifikasi lainnya. Lalu, bagaimana kabar terbaru KRD KiHa 183 di Thailand?

Saat ini, KRD KiHa 183 sudah menjalani uji coba dan bahkan sudah menjalani pengecatan ulang. Pengecatan ulang ini menjadi perlu karena saat tiba di Thailand banyak unit KRD ini mengalami pengelupasan cat dan bahkan berkarat.

Bagian belakang KRD KiHa 183, bahkan keterangan sarana pun masih berbahasa Jepang | Foto: Adisorn Singhakarn/SRT

Namun livery KRD KiHa 183 ini tidak berubah dan tetap menggunakan livery JR Hokkaido. Hanya saja kini terdapat logo SRT selain juga logo JR Hokkaido. Selain itu, penampil tujuan di bagian muka KRD juga kini menjadi tempat logo SRT yang juga bertuliskan “Balai Yasa Makkasan” dalam bahasa Jepang.

Bentuk lampu KRD KiHa 183 berubah

KRD KiHa 183
KRD KiHa 183 ketika masih beroperasi di JR Hokkaido, perhatikan lampunya | Foto: RSA-RSA/Wikimedia Commons (CC-BY-SA)

Selain itu, terdapat perubahan yang cukup mencolok dari KRD KiHa 183 ini. Sebelumnya, lampu utama KRD KiHa 183 terletak di bagian atas kabin masinis. Balai Yasa Makkasan mengubah posisi lampu utama ini menjadi di bagian bawah kabin masinis. Selain itu, jumlah lampu utama juga bertambah menjadi dua pada bagian kiri dan kanan. Modifikasi ini disinyalir untuk mengamankan ruang bebas kereta yang berbeda antara Thailand dan Jepang.

Hingga saat ini, baru terdapat satu unit KRD KiHa 183 yang telah menjalani pengecatan ulang yang fotonya beredar di media sosial. Pengirim foto kabar terbaru KRD KiHa 183 bernomor KiHa 183-208 tersebut adalah Adisorn Singhakarn, Direktur Teknik Departemen Mekanik Pusat Perbaikan Kereta Rel Diesel dan Kereta Ber-AC di SRT.

Nantinya SRT akan merangkai KRD ini dengan formasi 4 kereta per rangkaian. KRD ini akan beroperasi sebagai KA wisata, dan SRT menargetkan KRD ini dapat beroperasi pertengahan 2022 ini. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Penasaran dengan Kabar Terbaru KRD KiHa 183 di Thailand? Ini Dia!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d