Berita KAIndonesiaKAI CommuterUjicoba

KAI Commuter Uji Coba Peningkatan Kecepatan KRL Jabodetabek

peningkatan kecepatan krl
KRL seri 205 rangkaian DP68+66 yang digunakan dalam uji coba peningkatan kecepatan KRL Jatinegara-Cikarang, PP | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 28/1 – Kabar baik untuk pengguna KRL datang dari Lin Cikarang. Pasalnya, KAI Commuter mengujicobakan peningkatan kecepatan KRL pada koridor Jatinegara-Cikarang, Kamis-Jumat (27-28/1) dini hari.

Uji coba peningkatan kecepatan ini menggunakan KRL seri 205 rangkaian DP68+66, yang merupakan rangkaian 12 kereta (SF12). Menurut informasi, uji coba ini berhenti di setiap stasiun antara Jatinegara dan Cikarang. Sementara menurut informasi yang sama, puncak kecepatan KRL pada uji coba ini adalah 100 km/jam. Puncak kecepatan ini lebih tinggi dari puncak kecepatan KRL Bandara Soekarno-Hatta (80 km/jam) dan KRL Lin Yogyakarta (90 km/jam). Untuk diketahui, puncak kecepatan tertinggi KRL Jabodetabek saat ini adalah 70 km/jam.

peningkatan kecepatan krl
KRL seri 205 rangkaian DP68+66 tiba di Jatinegara untuk bersiap menjadi rangkaian uji coba | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan
peningkatan kecepatan krl
KRL seri 205 rangkaian DP68+66 saat menjadi rangkaian uji coba | Foto: Iham Fahwa Zhilly

Lin Cikarang sendiri merupakan lin KRL yang sebagian jalurnya masih berbagi dengan KA jarak jauh maupun KA barang. Antara Jatinegara-Cakung, KA jarak jauh dan KA barang sudah melalui jalur dwiganda. Sedangkan dari Cakung hingga Cikarang masih berbagi jalur dengan KRL. Beberapa KA jarak jauh juga sudah diperkenankan melaju hingga 115 km/jam antara Jatinegara hingga Cikampek. Kecepatan KRL yang hanya 70 km/jam tentu akan berdampak pada perjalanan KA jarak jauh yang melaju dengan kecepatan lebih tinggi tersebut.

Belum ada informasi apakah uji coba ini juga akan berlangsung di lin-lin lain. Namun dengan peningkatan kecepatan KRL, waktu tempuh KRL pun akan dapat terpangkas. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “KAI Commuter Uji Coba Peningkatan Kecepatan KRL Jabodetabek

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×