KAI Operasikan Lokomotif dan Rangkaian Tematik Presidensi G20

Tematik Presidensi G20
Lokomotif CC2061362 menghela KA Argo Lawu dengan wrapping tematik KTT G20 | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 21/2 – PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) kembali mengoperasikan lokomotif dan rangkaian kereta tematik. Kali ini, KAI mengoperasikan sarana tematik Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok Duapuluh (G20) Presidensi Indonesia.

Per Minggu (20/2), terdapat tiga rangkaian kereta yang terkonfirmasi menggunakan wrapping tematik KTT G20 Presidensi Indonesia. Ketiga rangkaian tersebut adalah satu rangkaian KA Argo Bromo Anggrek, satu rangkaian KA Argo Lawu, dan satu rangkaian KA Argo Dwipangga.

Tematik Presidensi G20
Lokomotif CC2061308 dengan wrapping tematik G20 menghela KA Limaspriok Cargo | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Per hari yang sama, terdapat tiga lokomotif CC206 yang terkonfirmasi menggunakan wrapping tematik KTT G20 Presidensi Indonesia. Ketiga lokomotif CC206 tersebut adalah CC2061308 milik Depo Sidotopo, CC2061362 milik Depo Yogyakarta, dan CC2061507 milik Depo Bandung.

Motif batik kawung wrapping tematik G20 pada lokomotif CC2061308 | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Desain wrapping tematik G20 untuk kereta penumpang | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Desain wrapping tematik KTT G20 memiliki warna dominan putih dengan motif batik kawung berwarna merah. Pada lokomotif, logo KTT G20 Presidensi Indonesia tersemat pada sebelah kiri kabin masinis. Sementara itu logo KAI berada di sebelah kanannya. Sementara itu pada kereta penumpang, logo dan tema KTT G20 Presidensi Indonesia tersemat pada bagian kiri kereta. Motif batik kawung menghiasi sepanjang kereta penumpang, yang diikuti dengan logo KAI di sebelah kanannya.

Berlangsung di Bali pada Oktober mendatang

Presiden Joko Widodo mengetuk palu setelah menerima estafet presidensi G20 dari Italia pada KTT ke-16 G20 di Roma, Italia, 31 Oktober 2021 | Foto: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

KTT G20 Presidensi Indonesia rencananya akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022 mendatang. KTT ini mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger” (Pulih Bersama, Bangkit Perkasa) yang mencerminkan pemulihan kolektif bersama di dunia setelah berjuang selama dua tahun melawan pandemi COVID-19. Konferensi ini merupakan pertemuan ke-17 dari negara-negara anggota G20.

Ke-20 anggota G20 akan hadir dalam KTT ini, di antaranya Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Rusia, Korea Selatan, dan Uni Eropa. Selain itu, terdapat pula lima delegasi undangan yang juga akan hadir. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KAI Operasikan Lokomotif dan Rangkaian Tematik Presidensi G20

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: