Catat! Mulai Hari Ini Duduk di KRL Commuter Line Tidak Lagi Berjarak

duduk krl tidak berjarak
Ilustrasi: KRL seri 205 rangkaian DP145 di Stasiun Bogor | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 9/3 – KAI Commuter mulai hari ini mencabut marka jaga jarak (social distancing) pada kursi penumpang KRL. Dengan hal ini, duduk di KRL tidak lagi berjarak.

Hal ini sesuai aturan yang tercantum dalam Surat Edaran Kemenhub nomor 25 tahun 2022 yang baru saja terbit kemarin (8/3). Dalam aturan terbaru tersebut, kereta komuter di wilayah aglomerasi dapat melayani pengguna dengan kapasitas 60%. Kursi pada kereta komuter dapat terisi penuh, namun untuk penumpang berdiri masih berlaku jaga jarak. Ini merupakan peningkatan dari sebelumnya pelayanan penumpang hanya 45% dari kapasitas keseluruhan.

Selain Duduk Tidak Berjarak, Balita sudah Boleh Naik KRL

Penghapusan marka jaga jarak ini berlaku baik pada KRL di wilayah Jabodetabek maupun KRL Lin Yogyakarta. Selain penghapusan marka jaga jarak, anak di bawah lima tahun juga sudah dapat kembali menggunakan KRL dengan pendampingan orang tua. Seperti lansia, anak di bawah lima tahun hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk.

Meskipun peraturan perjalanan KRL sudah lebih fleksibel dengan duduk di KRL sudah tidak lagi berjarak, KAI Commuter tetap mengimbau pengguna KRL untuk mematuhi protokol kesehatan. Pemakaian masker ganda (masker kain berlapis masker medis) tetap berlaku. Selain itu, pengguna KRL juga tetap harus melakukan check-in di stasiun dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan kartu vaksin. Aturan tidak berbicara di KRL secara langsung maupun lewat telepon juga tetap berlaku.

Sementara itu, jam operasional KRL tetap tidak berubah. Di Jabodetabek, KRL beroperasi antara pukul 4 pagi hingga pukul 10 malam sebanyak 1.005 perjalanan per hari kerja. Sedangkan KRL Lin Yogyakarta beroperasi antara pukul 5 pagi hingga pukul 6 sore sebanyak 20 perjalanan per hari kerja. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

2 komentar pada “Catat! Mulai Hari Ini Duduk di KRL Commuter Line Tidak Lagi Berjarak

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: