KAI Commuter Ambil Alih Lokal Bandung dan Surabaya?

KA Lokal Bandung Garut
KA Lokal Garut Cibatuan dari Stasiun Garut tiba di Stasiun Purwakarta. KA lokal di wilayah Bandung, Garut, dan Surabaya akan berpindah pengelolaan ke KAI Commuter dalam waktu dekat | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 28/3 – Sebuah kabar mengejutkan tiba dari jagat perkeretaapian Indonesia. Pasalnya di aplikasi KAI Access, untuk KA lokal di Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya telah tampak logo KAI Commuter.

Penampakan logo ini muncul untuk pemesanan tiket mulai dari Jumat (1/4) mendatang. Sedangkan untuk hari ini hingga Kamis (31/3), logo yang tampak masih logo KAI.

KAI Commuter Lokal Bandung
Logo KAI Commuter pada lokal Garut Cibatuan yang merupakan bagian dari sistem lokal di Bandung Raya | Sumber: Aplikasi KAI Access
KAI Commuter Lokal Surabaya
Logo KAI Commuter pada lokal Penataran dan Dhoho yang merupakan bagian dari sistem lokal di Surabaya Raya | Sumber: Aplikasi KAI Access

Hal ini pun mengundang rasa penasaran terutama bagi pecinta kereta api karena belum ada keterangan resmi dari KAI ke media. Saat Tim REDaksi tanyakan ke KAI, hingga berita ini terbit juga belum ada jawaban dari pihak KAI.

Jika benar KAI Commuter akan mengambilalih dari tanggal 1 April, hal ini juga sesuai dengan rencana Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Pasalnya saat webinar 1 Tahun KRL Jogja-Solo, ia memang mengutarakan rencana KA lokal akan berpindah pengelolaan ke KAI Commuter. Meski demikian, saat itu ia belum menyebutkan tanggal pengambilalihan.

KRD Prameks Kutoarjo
KRD Prambanan Ekspres, salah satu KA lokal yang berpindah pengelolaan ke KAI Commuter sejak 2020 silam | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk saat ini sendiri sudah ada dua KA lokal yang berada di bawah KAI Commuter. Kedua KA tersebut adalah KA Lokal Merak di Daop 1 dan KA Prambanan Ekspres (Prameks) di Daop 6. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: