KAI Kembali Operasikan Lokomotif dan Kereta Tematik Angkutan Lebaran

Lokomotif CC2061377 milik Depo Cipinang menghela KA Brawijaya tujuan Malang | Foto: Khesya Radya Irwanto

REDigest.web.id, 24/4 – Menyambut masa angkutan lebaran 2022, KAI kembali mengoperasikan lokomotif dan kereta tematik angkutan lebaran. Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan sarana perkeretaapian tematik lebaran pada masa angkutan lebaran 2021 lalu.

Untuk masa angkutan lebaran 2022, hanya terdapat satu desain berwarna hijau dan biru dengan motif bedug serta ketupat. Desain ini digunakan baik pada lokomotif maupun kereta penumpang.

Hal ini berbeda dengan masa angkutan lebaran 2021 lalu. Saat itu, terdapat dua desain wrapping tematik lebaran yang hanya digunakan pada lokomotif. Desain pertama berwarna seperti ketupat, sementara desain kedua berwarna hijau. Kedua desain ini memliki motif ketupat dan menara masjid.

Daftar lokomotif dengan wrapping lebaran, akurat saat artikel ini terbit dan jumlahnya dapat saja bertambah | Pengolahan dari berbagai sumber

Hingga saat artikel ini terbit, terdapat 17 lokomotif yang menggunakan wrapping tematik angkutan lebaran. Dari ke-17 lokomotif tersebut, 6 lokomotif di antaranya berada di Sumatra. Dari lokomotif-lokomotif tersebut, terdapat 1 unit lokomotif BB203 milik Depo Medan dan 2 unit lokomotif CC201 dengan livery merah-biru milik Depo Tanjung Karang. 11 lokomotif lainnya merupakan lokomotif CC206 yang berada di Jawa.

Sementara itu, rangkaian KA penumpang yang menggunakan wrapping angkutan tematik lebaran di antaranya KA Bima, KA Taksaka, KA Argo Parahyangan, KA Argo Wilis, dan KA Sembrani. Menurut informasi yang beredar, KA Joglosemarkerto juga termasuk KA yang akan menggunakan wrapping tematik ini. Namun hingga kini belum ada satu pun foto KA Joglosemarkerto dengan wrapping tematik angkutan lebaran yang beredar di media sosial.

Eksis bersama wrapping tematik lainnya

Lokomotif CC2018342 milik Depo Tanjung Karang menghela KA Kuala Stabas | Foto: Fajar Rahmat

Wrapping tematik angkutan lebaran 2022 ini eksis bersama wrapping tematik lainnya yang sudah beredar sebelumnya. Hingga saat ini, masih terdapat lokomotif dan kereta penumpang yang menggunakan wrapping tematik HUT ke-76 RI, HUT ke-76 KAI, angkutan natal dan tahun baru 2021, serta presidensi G20 Indonesia 2022.

Masih eksisnya wrapping tematik angkutan natal dan tahun baru 2021 di masa angkutan lebaran 2022 seolah mencerminkan toleransi beragama dan perbedaan yang menyatukan seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini sempat terjadi saat lokomotif wrapping natal menghela rangkaian KA dengan wrapping lebaran.

Normalnya, wrapping tematik ini hanya akan terpasang selama masa angkutan lebaran 2022 yang akan berlangsung dari H-10 hingga H+10 lebaran. Namun dengan masih eksisnya wrapping tematik natal hingga saat ini, dapat saja wrapping tematik lebaran terpasang untuk waktu yang lebih lama. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: