Semakin Banyak Jenisnya, Lokomotif BB302 pun Jadi Vintage Livery
![BB302 vintage livery](http://redigest.web.id/wp-content/uploads/2022/04/278913210_2190893027735639_3883087704053332494_n.jpg)
REDigest.web.id, 23/4 – Upaya pelestarian jejak sejarah lokomotif dengan lokomotif vintage livery terus bertambah panjang, khususnya di Sumatra. Setelah sebelumnya Sumatra bagian Selatan kebagian lokomotif BB20007, kini lokomotif BB302 di KAI Divisi Regional 1 Sumatra Utara dan Aceh juga kebagian vintage livery.
Melansir dari akun Twitter IRPS, peresmian lokomotif BB302 vintage livery ini berlangsung di Balai Yasa Pulubrayan pada Kamis (14/4) lalu. Lokomotif yang mendapat kehormatan menjadi unit vintage livery ini sendiri tidak tanggung-tanggung, mencapai dua unit. Kedua lokomotif ini adalah BB3027001 dan BB3027006 (nomor lama BB30201 dan BB30206) kepemilikan Depo Medan.
Pihak yang menghadiri peresmian ini di antara lain adalah Yuskal Setiawan sebagai VP KAI Divre 1 Sumut dan Aceh, Darwin Napitupulu sebagai GM Balai Yasa Pulubrayan, Ricki Dwi Agusti sebagai Ketua Umum IRPS dan Riky Suripno sebagai Ketua Divre1Railfans.
Horas!!
Lokomotif endemik Sumatera Utara BB 302 70 01 dan BB 302 70 06 kini berganti livery menjadi livery vintage khas era PJKA. @mas_didiek @keretaapikita @KAI121 @31Dirjo pic.twitter.com/nwVlvFWdNR
— IRPS (@irpsID) April 14, 2022
Lokomotif ini pun tampak di lintas raya berdinas sebagai KA Sri Lelawangsa pada Jumat (22/4). Saat itu lokomotif yang berdinas adalah BB3027001, lokomotif pertama dari jenis satu ini.
Sejarah Singkat BB302
![](http://redigest.web.id/wp-content/uploads/2022/04/1920px-BB_302_70_01_Binjai.jpg)
Lokomotif BB302 sendiri adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrikan Henschel. Menurut kanal YouTube Kereta Nostalgia, lokomotif ini meski tiba pada tahun 1970, tetapi baru beroperasi tahun 1972 setelah pengujian.
Lokomotif ini awalnya memiliki mesin Maybach Mercedes BM12V493TZ10 dengan daya 900 tenaga kuda. Menurut buku Lokomotif dan Kereta Rel Diesel Edisi Ketiga, setelah beroperasi 25 tahun, lokomotif ini mendapat peremajaan dengan penggantian mesin menjadi tipe MTU dengan daya 1000 tenaga kuda.
Populasi lokomotif ini sendiri terhitung sangat sedikit, karena hanya ada enam unit, dan hanya satu yakni BB3027001 yang masih bisa beroperasi pada 2021. Lokomotif ini diadakan PJKA untuk modernisasi perkeretaapian di Sumatra Utara.
Meskipun sedikit, lokomotif ini menjadi awal mula dominansi lokomotif diesel hidrolik Henschel. Lokomotif BB303 yang hadir setelahnya merupakan penyempurnaan desain dari BB302. (RED/IHF)