Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Hari Pertama Switch Over 5 Manggarai, Stasiun Manggarai Alami Penumpukan Pengguna

Keramaian pengguna transit di Stasiun Manggarai pada Sabtu (28/5) sore | Foto: Amir M Rasyid

REDigest.web.id, 28/5 – Proses switch over di Stasiun Manggarai telah berlangsung lancar pada peralihan dari hari Jumat (27/5) ke Sabtu (28/5). Akan tetapi, pelaksanaan perjalanan KRL Commuter Line saat hari pertama ini justru jauh dari kata lancar.

Berdasarkan pantauan lapangan oleh Tim REDaksi, rekan dari Tim REDaksi, dan media sosial, terdapat berbagai macam kekacauan pasca-switch over 5 ini. Sebut saja keterlambatan parah KRL di lintas dan penumpukan pengguna di Stasiun Manggarai pada hari pertama switch over ini.

Keterlambatan parah KRL Commuter Line

KRL tujuan Angke di Bekasi. Baik Lin Cikarang dan Lin Bogor mengalami keterlambatan parah pada Sabtu (28/5) pagi hingga siang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sudah tidak jarang dalam jagat KRL Commuter Line terjadi keterlambatan saat hari pertama perubahan operasi berskala besar. Switch over 5 di Stasiun Manggarai pun sayangnya tidak luput dari kejadian ini.

Di Lin Bogor, pada pagi hari sudah terjadi antrean yang sangat parah. Sekitar pukul 8 pagi, terjadi antrean panjang dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Universitas Indonesia, bahkan pada satu kesempatan antrean sudah sampai Pondok Cina.

Akibatnya, KRL Commuter Line Lin Bogor mengalami keterlambatan parah. Banyak perjalanan KRL yang harus potong relasi, dan headway yang seharusnya maksimal 15 menit ada yang sampai 35 menit.

Lin Bekasi yang jarak tempuhnya lebih jauh tentu saja mengalami keterlambatan yang lebih parah lagi. KA 5521-5522 misalnya. Seharusnya dari Kampung Bandan menuju Bekasi pukul 09.46, baru berangkat pukul 11.12. Sebagian besar KRL Lin Cikarang yang Tim REDaksi sempat pantau pun memang mengalami keterlambatan sekitar 30 menit hingga nyaris 120 menit.

Penumpukan Pengguna di Manggarai

Kepadatan pengguna yang hendak transit ke peron jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai pada siang hari | Foto: Yogatama Prasetyo

Akibat keterlambatan KRL baik di Lin Bogor dan Lin Cikarang, timbullah masalah besar di Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai mengalami penumpukan yang luar biasa besar baik di peron atas ataupun bawah. Hal ini karena terlambatnya KRL di kedua lintas.

Akibatnya, kedua peron pun menjadi seakan lautan manusia. Langkah penyekatan pun terpaksa dilakukan oleh petugas di Stasiun Manggarai.

Dari kiriman di media sosial, tampak penyekatan berlangsung di tangga peron atas ke peron bawah, dan selasar utama lantai 1 Stasiun Manggarai. Pengguna pun menjadi khawatir apakah kekacauan ini akan berlangsung hingga Senin mendatang yang notabene hari kerja. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Hari Pertama Switch Over 5 Manggarai, Stasiun Manggarai Alami Penumpukan Pengguna

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×