Siap-siap! Rute KRL Lin Bogor dan Cikarang Berubah 28 Mei

rute KRL berubah
Ilustrasi: KRL seri 205 rangkaian BOO142 pulang ke Depo KRL Depok setelah melayani Lin Lingkar | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 21/5 – Kegiatan switch over ke-5 (SO5) di Stasiun Manggarai akan berlangsung pada Jumat (27/5) malam hingga Sabtu (28/5) mendatang. Dalam SO5 Stasiun Manggarai ini, pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menutup sementara jalur 3 Stasiun Manggarai sehingga akan menyebabkan rute KRL di Lin Bogor dan Lin Cikarang berubah.

Melansir dari rilis pers DJKA, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BPTWJB) Rode Paulus mengatakan bahwa pihaknya perlu melakukan SO5 agar pembangunan Stasiun Manggarai dapat berlanjut. Pihaknya akan memanfaatkan window time (waktu kosong) di sela-sela antara KA terakhir dan KA pertama untuk melakukan SO5 di Stasiun Manggarai.

Selain menutup jalur 3, SO5 akan mengaktifkan jalur sementara untuk jalur 1 dan 2 di Stasiun Manggarai. Secara keseluruhan, terdapat 8 titik pengerjaan SO5 nanti. Dengan tutupnya jalur 3, rute KRL Lin Bogor dan Lin Cikarang akan berubah secara total.

Baca juga: Inilah Pola Perjalanan KRL Commuter Line Setelah Switch Over ke-5 Manggarai

Peta rute jaringan KA perkotaan di Jakarta yang telah memuat perubahan rute KRL Lin Bogor dan Lin Cikarang mulai 28 Mei mendatang | Sumber: Transport for Jakarta

Saat ini Lin Bogor terbagi menjadi Lin Sentral (C) tujuan Jakarta Kota dan Lin Lingkar (L) tujuan Angke-Jatinegara dengan cabang ke Nambo (LN). Nantinya hanya akan terdapat Lin Bogor (B) dengan tujuan Jakarta Kota. KRL Lin Bogor akan berangkat dari arah Bogor maupun Nambo (b). Stasiun Manggarai melayani KRL Lin Bogor di jalur 10-13 peron atas.

Sementara itu, Lin Cikarang sebelumnya melayani tujuan Jakarta Kota via Manggarai (B) dan via Pasar Senen (BP). Nantinya Lin Cikarang akan melayani ke arah jalur lingkar Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan-Jatinegara (C). Stasiun Manggarai melayani KRL Lin Cikarang di jalur 6-7 peron bawah. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

5 komentar pada “Siap-siap! Rute KRL Lin Bogor dan Cikarang Berubah 28 Mei

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: