KCIC Perlihatkan Rangkaian CR400AF Pertamanya

kcic cr400af
Rangkaian pertama CR400AF milik KCIC di pabrik CRRC Qingdao Sifang, Shandong, Tiongkok | FotoDok. KCIC

REDigest.web.id, 29/10 – Kabar gembira datang dari kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memperlihatkan rangkaian pertama electric multiple unit (EMU/KRL) seri CR400AF pertamanya. Rangkaian pertama ini telah selesai produksi dan masih berada di pabrik CRRC Qingdao Sifang, Shandong, Tiongkok.

Melansir dari media sosial resmi KCIC, CR400AF pesanannya memiliki julukan “Komodo”. Julukan ini muncul dari siluet kereta yang mirip dengan salah satu fauna khas Indonesia dari zaman prasejarah tersebut. KRL berkecepatan tinggi ini memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari sisik Komodo yang tercerminkan dalam corak segitiga. Di Tiongkok sendiri, CR400AF lazim disebut “Lumba-lumba Merah” atau “Red Dolphin”.

Nantinya KCIC akan memiliki 11 rangkaian CR400AF untuk angkutan penumpang, dengan rincian 9 rangkaian operasional dan 2 rangkaian cadangan. Selain ke-11 rangkaian tersebut, KCIC juga akan memiliki rangkaian comprehensive inspection train (CIT) yang dilengkapi dengan perangkat khusus untuk memantau kondisi lintasan, kekuatan roda-rel, sistem komunikasi katenari-pantograf, dan sistem sinyal. CIT ini sendiri juga akan berbasis dari CR400AF.

Termasuk keluarga Fuxing Hao

kcic cr400af
Tampak pintu penumpang dan detail bagian samping CR400AF milik KCIC | Dok. KCIC

CR400AF merupakan bagian dari keluarga Fuxing Hao, seri KRL berkecepatan sedang dan tinggi produksi CRRC. Pada umumnya, China Railway High-speed adalah operator dari KRL-KRL ini. Terdapat 19 tipe KRL yang termasuk ke dalam seri Fuxing Hao. CR400AF sendiri merupakan model produksi standar dari Fuxing Hao dengan kecepatan maksimum 420 km/jam dan kecepatan operasional 350 km/jam. KRL ini memiliki keluaran tenaga 10,4 megawatt (13.900 tenaga kuda) di bawah LAA 25 kilovolt dengan komposisi 4 kereta berpenggerak dan 4 kereta pengikut (4M4T).

Satu rangkaian CR400AF terdiri dari 8 kereta dengan panjang total 409 meter. Umumnya, terdapat 3 kelas pada CR400AF dengan kapasitas total 392-576 kursi, yakni business class dengan kapasitas 10 kursi, first class dengan kapasitas 24-28 kursi, dan standard class dengan kapasitas 358-538 kursi. Namun CR400AF pesanan KCIC akan memiliki spesifikasi dan nama kelas yang berbeda dengan CR400AF di Tiongkok daratan. CR400AF milik KCIC terdiri dari 3 kelas dengan kapasitas total 601 kursi, yaitu VIP class dengan kapasitas 18 kursi, first class dengan kapasitas 28 kursi, dan second class dengan kapasitas 555 kursi. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KCIC Perlihatkan Rangkaian CR400AF Pertamanya

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: