KCIC Siarkan Langsung Pengiriman Perdana Sarana Kereta Cepat Jumat Ini!

pengiriman perdana kereta cepat
Rangkaian kereta cepat KCIC400AF | Foto: Dok. KCIC

REDigest.web.id, 3/8 – PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC, Persero) akan menyiarkan langsung penyelesaian manufaktur dan pengiriman perdana KRL (EMU) kereta cepat KCIC400AF. Siaran langsung tersebut dapat khalayak umum saksikan Jumat (5/8) mendatang mulai pukul 8.30 pagi waktu Indonesia bagian barat.

Meskipun siaran langsung pengiriman perdana kereta cepat akan mulai pada pukul 8.30 pagi, namun seremonial penyelesaian manufaktur dan pengiriman perdana akan berlangsung mulai pukul 9.30 pagi. Acara ini akan berlangsung di Tiongkok, namun belum ada informasi mengenai lokasi acara.

Sebelumnya, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan KRL KCIC400AF akan tiba di Indonesia mulai September 2022. Sementara itu, uji coba perdana akan berlangsung pada November 2022. Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan hadir dalam uji coba tersebut.

Ke-11 rangkaian KRL serta satu rangkaian kereta inspeksi (CIT) telah selesai produksi sejak bulan April 2022 lalu. Rangkaian KRL KCIC400AF sendiri pertama kali tampil ke publik pada 29 Oktober 2021 lalu. Sementara kereta CIT merupakan kereta inspeksi yang dapat memeriksa kondisi lintas dan mengukur jaringan listrik aliran atas, dan menguji sejumlah sistem. Kereta CIT ini sendiri tampil pertama kali ke publik pada Desember 2021 lalu.

KCIC400AF sendiri berbasis dari CR400AF yang termasuk ke dalam keluarga Fuxing Hao. Fuxing Hao adalah seri KRL berkecepatan sedang dan tinggi produksi CRRC. Pada umumnya, China Railway High-speed adalah operator dari KRL-KRL ini. Terdapat 19 tipe KRL yang termasuk ke dalam seri Fuxing Hao.

CR400AF sendiri merupakan model produksi standar dari Fuxing Hao dengan kecepatan maksimum 420 km/jam dan kecepatan operasional 350 km/jam. KRL ini memiliki keluaran tenaga 10,4 megawatt (13.900 tenaga kuda) di bawah LAA 25 kilovolt dengan komposisi 4 kereta berpenggerak dan 4 kereta pengikut (4M4T). (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: