Mie Ayam Pak Man Jombor: Mie Ayam Taburan Ekstra di Pinggiran Kota Yogyakarta

Mie ayam
Mie Ayam Xtra Ayam kedai Mie Ayam Pak Man Jombor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 17/7 – Yogyakarta merupakan kota yang sarat akan wisata kulinernya yang khas. Bakpia, ayam geprek, sate klatak, gudeg, merupakan salah satu dari berbagai macamnya kuliner yang dapat ditemukan dari kota pelajar atau kota bakpia ini. Selain makanan yang disebutkan sebelumnya juga ada mie ayam, sebagian masyarakat maupun pengunjung sudah tidak asing dengan Mie Ayam Bu Tumini. Mie ayam yang terkenal akan kentalnya kuah dengan cita rasa manis dan ukuran daging yang besar menjadi trendsetter popularitas mie ayam di Yogyakarta.

Akibatnya dari waktu ke waktu semakin banyak kedai mie ayam yang menawarkan cita rasa dan keunikan tersendiri, salah satunya Mie Ayam Pak Man Jombor. Berlokasi di Jagalan, Tegaltirto, Berbah, Sleman mie ayam ini menawarkan ragam varian menu mie yang bisa pembeli pilih dari selera, porsi, bahkan topping sesuai kebutuhan.

Menuju Mie Ayam Pak Man Jombor

Peta lokasi menuju Pak Man
Titik biru besar (kiri)  Stasiun KRL Maguwo, titik biru kecil (kanan): Halte Trans Jogja KR, pin merah (bawah): Mie Ayam Pak Man Jombor | Foto: tangkapan layar tim REDaksi

Untuk akses transportasi umum pembeli dapat menggunakan KRL Lin Yogyakarta dan turun di stasiun Maguwo. Akan tetapi, jarak dari stasiun ke kedai mie ayam tersebut hampir 2 km sehingga memerlukan akses transportasi lain seperti ojek ataupun taksi. Sedangkan pembeli yang menggunakan bus Trans Jogja bisa menaiki Jalur 1A dan turun di halte KR (Jl. Raya Solo-Yogyakarta) lalu jalan kaki sejauh 750 meter menuju lokasi.

Letak kedai Mie Ayam Pak Man Jombor ini cukup masuk ke dalam. Bila dari Jalan Raya Solo-Yogyakarta letaknya persis di tikungan sebelah Alfamart Berbah, kemudian melewati perlintasan kereta dan menelusuri Jalan Raya Berbah Utara sepanjang 300 meter ke depan lalu masuk ke Jalan Jagalan. Di depan Jalan Jagalan akan ada banner penunjuk lokasi dari kedai ini.

Mie ayam
Kedai Mie Ayam Pak Man Jombor yang berada di dalam Jl. Jagalan | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Kedai Mie Ayam Pak Man Jombor mudah dikenali dengan ciri khas tempatnya yang bernuansa hijau. Selain itu banner dari nama kedai ini tercantum beberapa kali di bagian sudut supaya pembeli yang berkunjung dengan mudah membaca nama tempat ini tanpa takut lupa. Di samping kedai juga tersedia tempat parkir kendaraan.

Jam operasional kedai Mie Ayam Pak Man Jombor dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00. Kapasitas kedai ini memuat 30-40 orang yang dimana pembeli bisa memilih antara duduk dengan kursi ataupun lesehan. Di dinding kedai terpampang dengan jelas daftar menu dan harga makanan secara menyeluruh.

Saatnya Mencicipi!

Mie ayam
Selain tempat duduk, kedai Mie Ayam Pak Man Jombor juga menyediakan tempat lesehan | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Tim REDaksi mencoba menu yang banyak mendapat rekomendasi, ialah Mie Ayam Xtra Ayam. Saat pertama kali dihidangkan mie dan sayur sawi tertutupi oleh bumbu kuah kental dan potongan ayam, ditambah irisan daun bawang dan potongan mentimun. Porsi yang disajikan memenuhi isi mangkuk, bahkan saat mie diaduk sebagian kuah atau potongan ayam meluber hingga jatuh ke tatakan piring di bawah mangkuk.

Tekstur mienya sendiri cukup kenyal dan mudah digigit. Berbeda dengan mie ayam kebanyakan yang kuat rasa manisnya, pada Mie Ayam Pak Man Jombor memiliki rasa manis namun cenderung gurih. Samar-samar aroma lengkuas sedikit tercium dari daging ayamnya yang berukuran sedang. Potongan mentimun menjadi rasa penawar dari daging dan kuah mie tersebut.

Mie ayam
Penampakan lebih dekat tekstur mie, potongan daging ayam dan kuah kentalnya | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Sebagai tambahan pelengkap, pembeli dapat menambahkan kecap, saus, sambal, ataupun kerupuk. Dan untuk minuman tersedia pilihan teh atau jeruk, baik panas ataupun pakai es.

Berdasarkan menu yang Tim REDaksi beli untuk seporsi Mie Ayam Xtra Ayam dibanderol sebesar Rp15.000 dan untuk segelas es teh sebesar Rp3.000. Dengan merogoh kocek uang di bawah Rp20.000 pembeli dapat merasakan porsi mie standar namun dengan topping ayam yang banyak membuat sensasi makan terasa lebih mengenyangkan.

Mie ayam
Daftar menu kedai Mie Ayam Pak Man Jombor | foto: RED/Enrico Perdana Putra

Bila terlalu kenyang, pembeli dapat memilih menu Mie Ayam Biasa. Atau butuh sayuran yang banyak? Pembeli dapat memilih menu Mie Ayam Xtra Sawi. Tidak suka yang berkuah? Pembeli dapat memilih menu Mie Ayam Goreng, dan masih banyak lagi pilihan menunya.

Menu baru di Pak Man
Salah satu menu baru Mie Ayam Pak Man Jombor : Mie Ayam Mini dan Bakso Mini | foto: RED/Enrico Perdana Putra

Kesimpulan

Kesimpulannya, Mie Ayam Pak Man Jombor cocok buat masyarakat yang ingin mencari mie dengan cita rasa manis dan gurih yang tidak berorientasi pada satu rasa saja. Masyarakat yang hendak mencoba pun bisa menyesuaikan dengan kondisi perut karena ragamnya porsi dan topping tanpa khawatir kekenyangan berlebihan. Tertarik untuk mencoba? (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: