Stasiun BNI City Resmi Layani Pengguna KRL Commuter Line!

BNI City Commuter Line
KRL Commuter Line dan KRL Bandara sedang berhenti di Stasiun BNI City | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 30/7 – KAI Commuter telah mengoperasikan Stasiun BNI City sebagai stasiun yang dapat melayani penumpang KRL. Hari pertama kali beroperasi, terlihat beberapa penumpang KRL sudah mulai melakukan kegiatan aktivitas naik-turun di stasiun ini.

BNI City KRL Commuter
Suasana peron di Stasiun BNI City | Foto: Iham Fahwa

Di gate KRL, beberapa pengguna KRL Commuter Line sudah ada yang mulai mengerti arah keluar masuk di stasiun ini. Meski demikian, terdapat beberapa penumpang yang masih kebingungan karena baru mengetahui Stasiun BNI City telah melayani penumpang KRL Lin Cikarang. Mengingat bahwa stasiun ini sebelumnya merupakan stasiun yang hanya melayani KA Bandara dan dekat dengan Stasiun Karet dan Sudirman.

Sosialisasi Minim

Wayfinding dan signage penunjuk arah keluar untuk KRL Bandara | Foto: Iham Fahwa

Bahkan berdasarkan laporan dari media sosial, sosialisasi untuk pelayanan KRL Commuter Line ini sangat minim. Hanya ada tulisan di penunjuk informasi kedatangan KRL. Sebagian besar pengguna yang salah turun adalah pengguna yang hendak turun di Stasiun Karet.

Pantauan arus penumpang di stasiun ini terlihat kondusif meski sedikit kurang rapi pada percampuran arus penumpang KA Bandara dan KRL Commuter Line. Salah satu penumpang KA Bandara yang akan transit menggunakan KRL Commuter Line masih harus keluar dari jalur penumpang khusus KA Bandara untuk kemudian tap in di gate KRL.

Hal ini berbeda dengan stasiun Manggarai yang telah memasang alat tapping khusus pada pintu keluar penumpang KA Bandara yang dikhususkan untuk integrasi penumpang menuju KRL Commuter Line yang akan berpindah dari KA Bandara.

Pengguna KRL Bandara di gate KRL | Foto: Iham Fahwa

Di Stasiun BNI City ini, arus penumpang Commuter Line dan KA Bandara terpisah dengan sekat gerbang dorong yang terletak di samping gate KRL Commuter Line dan dijaga oleh petugas keamanan stasiun dan petugas pelayanan penumpang.

Dengan beroperasinya Stasiun BNI City untuk KRL Commuter Line, ada alternatif untuk menaiki moda ini selain dari Stasiun Sudirman.

Nasib Stasiun Karet Setelah Stasiun BNI City Melayani KRL Commuter Line

Stasiun Karet yang masih beroperasi, dengan KRL seri 205 rangkaian BOO141 berhenti di sini | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk Stasiun Karet sendiri, masih belum ada rencana informasi penutupannya. Tampak juga sama sekali belum ada persiapan akses pengganti dari Stasiun BNI City ke arah Stasiun Karet. Sebelumnya, pihak KAI Commuter justru membantah kabar tentang penutupan Stasiun Karet.

Untuk informasi lebih lanjut, pembaca dapat mengecek media sosial resmi dari KAI Commuter serta KAI Bandara untuk mengetahui informasi terkini tentang arus penumpang di BNI City. Hal ini mengingat hari ini adalah hari pertama beroperasinya stasiun BNI City untuk pengguna commuter Line. (RED Citizen Journalism/Iham Fahwa/GM-MarKA)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Stasiun BNI City Resmi Layani Pengguna KRL Commuter Line!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: