Layanan Buy The Service Segera Kenakan Tarif Mulai 2022

Buy The Service Jogja Tarif Gratis
Salah satu layanan Buy The Service di kota Yogyakarta, Teman Bus (Trans Jogja) koridor 3J Adisucipto-Pakem | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 31/7 – Beberapa kota di Indonesia memiliki layanan bus dengan sistem Buy The Service (BTS). BTS sendiri merupakan moda transportasi perkotaan yang layanannya dibeli dengan skema berbasis Standar Minimal Pelayanan. Saat ini tarif bus dengan layanan BTS masih dikenakan Rp0 alias masih gratis kepada pengguna, tapi dalam waktu dekat tarif bus ini akan segera berbayar.

Mengutip dari situs Departemen Perhubungan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan menyelenggarakan forum komunikasi kepada stakeholders. Pada kegiatan ini terdapat rencana tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak pada layanan BTS di 10 kota, serta tarif penyediaan ruang promosi pada transportasi di perkotaan dengan skema BTS.

Hasil dari kegiatan tersebut akan masuk ke dalam Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK). Dan bila sudah pasti maka akan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

BTS batik solo trans
Salah satu layanan Buy The Service di kota Surakarta, Teman Bus (Batik Solo Trans) koridor 5S Kartasura-Sidan | foto: RED/Enrico Perdana Putra

Berdasarkan Suara Surabaya tarif yang ditetapkan untuk bus dengan layanan BTS yaitu Medan sebesar Rp4.300, Palembang sebesar Rp4.000, Bandung sebesar Rp4.900, Banyumas sebesar Rp3.900, Yogyakarta sebesar Rp3.600, Surakarta sebesar Rp3.700, Surabaya sebesar Rp6.200, Denpasar sebesar Rp4.400, Banjarmasin sebesar Rp4.300, dan Makassar sebesar Rp4.600.

Melalui surat Sekjen Kementerian Perhubungan Nomor PR.306/1/4/PHB 2022 layanan BTS dengan tarif berbayar segera ditetapkan dalam waktu dekat. Untuk tanggal pastinya belum ada informasi, namun penetapan tarif ini akan berlaku pada tahun 2022 ini. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Layanan Buy The Service Segera Kenakan Tarif Mulai 2022

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: