Teman Bus Jogja Bersama Trans Jogja Uji Coba Operasional di Sebagian Rute

Trans Jogja
Teman Bus koridor 2 Ngabean-Godean, kini koridor dan unit busnya beroperasi mengisi rute Trans Jogja Jalur 2A yang lama. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 2/11 – Selain penetapan tarif berbayar pada Teman Bus skema Buy The Service atau BTS sejak Senin (31/10) lalu, Teman Bus Yogyakarta bersama Trans Jogja melakukan uji coba penyesuaian rute dan armada pada Selasa (1/11) kemarin.

Mengutip dari postingan Instagram Teman Bus terdapat dua koridor Teman Bus yang disesuaikan baik bus dan rutenya, yaitu koridor 2 yang semula rutenya Ngabean-Godean PP menjadi Condongcatur-Jombor-Malioboro-Gedong Kuninng-UNY-Condongcatur, serta koridor 3 rute Adisutjipto-Pakem PP menjadi Adisutjipto-Prambanan-Urip Sumoharjo-Malioboro-Gedong Kuning-Adisutjipto.

Secara tidak langsung lintasan koridor 2 Teman Bus yang disesuaikan ini sama dengan lintasan Jalur 2A Trans Jogja sebelum penyesuaian rute, sedang koridor 3 Teman Bus juga sama dengan Jalur 1A Trans Jogja. Akibatnya Jalur 1A dan Jalur 2A saat ini ikut disesuaikan juga rute lintasannya.

Trans Jogja
Trans Jogja Jalur 1A. Dulu berdinas pada rute Prambanan-Malioboro, kini berpindah ke rute Adisutjipto-Pakem. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Berdasarkan pantauan dari aplikasi Trans Jogja kini Jalur 1A rutenya menjadi Adisutjipto-Pakem PP atau sama dengan rute Teman Bus koridor 3 sebelum penyesuaian rute, sedang Jalur 2A menjadi Ngabean-Palbapang yang merupakan rute baru Trans Jogja ke kawasan Bantul di selatan kota Yogyakarta.

Bagaimana dengan eks rute Teman Bus koridor 2? Rute tersebut kini dioperasikan oleh Trans Jogja. Rutenya sendiri masih sama yaitu Ngabean-Godean PP, namun rute ini juga tidak lepas dari penyesuaian layanan seperti jumlah armada bus yang berdinas, jam operasional yang khusus pada waktu tertentu, serta menjangkau daerah lain seperti Demak Ijo.

Pada sorotan cerita Trans Jogja Official bagian QNA terdapat beberapa jawaban yang memuat informasi uji coba operasional Trans Jogja dan Teman Bus. Menurut Trans Jogja pemberlakuan uji coba ini belum diketahui masa berlaku hingga kapan, namun uji coba ini dilakukan karena terdapat wacana perubahan pola aktivitas Trans Jogja secara menyeluruh.

Dari segi tarif Trans Jogja masih memberlakukan tarif reguler yaitu transaksi tunai sebesar Rp3.600, transaksi nontunai sebesar Rp2.700, dan transaksi kartu golongan pelajar sebesar Rp60. Sedang Teman Bus memberlakukan tarif flat Rp3.600 di segala golongan pengguna secara nontunai.

Trans Jogja
Ilustrasi: Trans Jogja Istimewa dan Teman bus Jogja. Selain pembayaran, sistem transit dari kedua layanan bus ini juga berbeda.  | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Untuk sistem transit, dari Trans Jogja layanan BRT ke Teman Bus layanan BTS dikenakan tarif tambahan, begitu pula dari Teman Bus ke sesama Teman Bus. Sedang dari Teman Bus ke Trans Jogja tidak dikenakan tarif tambahan lagi, begitu pula dari Trans Jogja ke sesama Trans Jogja. Perbedaan dikenakan dan tanpa kena tarif ini karena pembayaran mengikuti ketentuan yang berlaku pada Teman Bus. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Teman Bus Jogja Bersama Trans Jogja Uji Coba Operasional di Sebagian Rute

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: