Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiMRT Jakarta

MRT Jakarta Batalkan Rencana Akuisisi KAI Commuter

MRT Jakarta
Ilustrasi: MRT Jakarta memasuki stasiun ASEAN | Foto: RED/Farhan Assrow

REDigest.web.id, 1/12 – Setelah cukup lama menuai kontroversi dan penentangan, MRT Jakarta akhirnya membatalkan rencana akuisisi KAI Commuter. Seperti dilansir dari Kompas.com, hal tersebut dipastikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Meski rencana akuisisi tersebut dibatalkan, namun Syafrin mengatakan Pemprov DKI akan menggunakan skema lain untuk meningkatkan kerja sama dengan KAI Commuter yakni melalui skema penyertaan modal.

Nantinya Pemprov DKI melalui MRT Jakarta akan memberikan penyertaan modal kepada KAI Commuter. Hal ini dilakukan agar operasional transportasi umum di Jakarta bisa lebih terintegrasi. Mengenai rencana tersebut, Syafrin mengatakan pihaknya masih membahas rencana tersebut dengan KAI Commuter.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta melalui MRT Jakarta berencana untuk melakukan akuisisi terhadap KAI Commuter. Bahkan Pemprov DKI sudah menganggarkan anggaran senilai Rp100 miliar dalam APBD DKI Jakarta tahun 2033 untuk rencana akuisisi ini.

Rencana ini pun mendapat tentangan dari sejumlah pihak salah satunya adalah Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) yang menganggap rencana ini berpotensi menimbulkan masalah serta dianggap merusak sistem perkeretaapian yang mapan dan sudah terintegrasi. Selain SPKA, sejumlah ahli juga berpendapat akuisisi ini tidak layak karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat serta kemungkinan KAI Commuter yang akan kehilangan PSO dari Pemerintah Pusat karena statusnya yang berubah menjadi BUMD. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×