Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiLRT Jabodebek

Presiden Joko Widodo Tinjau Stasiun Manggarai dan LRT Jabodebek

Presiden Joko Widodo di Stasiun Manggarai | Foto: Twitter Presiden Joko Widodo

REDigest.web.id, 27/12 – Presiden Joko Widodo melakukan tinjauan terhadap dua proyek prasarana perkeretaapian di Jabodetabek. Kedua proyek ini di antaranya adalah Stasiun Manggarai dan LRT Jabodebek. Kunjungan ini telah berlangsung pada Senin (26/12) kemarin.

Melansir dari akun Twitter resmi Presiden Joko Widodo, kunjungan presiden yang terkenal sebagai Jokowi ini berlangsung dalam rangka meresmikan tahap 1 pembangunan stasiun ini. Jokowi mengatakan Stasiun Manggarai rencananya akan menjadi stasiun pusat yang terintegrasi dengan moda transportasi umum. Seperti misalnya KRL Commuter Line, KA jarak jauh, KRL Bandara, dan bus TransJakarta.

Pembangunan Stasiun Manggarai telah berlangsung dari tahun 2016 silam, dan saat ini telah selesai untuk membangun jalur layang baru dan memindahkan pola operasional. Dalam pernyataan di Twitter, rencananya akan ada 14 jalur yang terdiri dari 4 jalur elevated dan 10 jalur at grade. Tetapi kenyataannya, dalam rencana Ditjen Perkeretaapian, Stasiun Manggarai akan ada 18 jalur. Ke-18 jalur ini terdiri dari 8 jalur at grade dan 10 jalur elevated.

Dalam peresmian ini, akibat protokol pengamanan aktivitas KRL sempat terhambat. Tim REDaksi mendapatkan informasi sejumlah perjalanan KRL Commuter Line mengalami pertahanan saat kunjungan. Selain itu, perjalanan KA 6016 sempat terdampak pengosongan 5 kereta dari belakang.

Juga Tinjau LRT Jabodebek

Tidak hanya Stasiun Manggarai, Presiden Jokowi juga meninjau proyek LRT Jabodebek. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menggunakan LRT Jabodebek trainset 23 dari Stasiun Harjamukti Cibubur ke Stasiun TMII. Dalam pernyataan di Twitter, perjalanan tersebut berlangsung selama 9 menit dengan kecepatan 80 km/jam.

Ia mengklaim bahwa saat ini progres proyek LRT Jabodebek telah mencapai 87%, dengan keseluruhan sistem keretanya buatan INKA. Jika tidak ada halangan, Jokowi menargetkan LRT Jabodebek akan beroperasi Agustus 2023, bersamaan dengan kereta cepat. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×