Berita KAIndonesia

Terima Kasih Depo Lokomotif Tanah Abang

Lokomotif BB 300 dan KRD Bumi Geulis ketika stabling di Dipo Lokomotif Tanah Abang pada tahun 2013
Lokomotif BB30001 dan rangkaian KRD Bumi Geulis ketika stabling di Depo Lokomotif Tanah Abang pada tahun 2013 | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest, 25/12. Satu lagi depo lokomotif berakhir menjadi kenangan. Berdasarkan pantauan Tim REDaksi, tidak tampak lagi aktivitas operasional di Depo Lokomotif Tanah Abang pada Minggu (25/12). Tidak lagi terlihat adanya aktivitas perawatan lokomotif dan KAIS di Depo Lokomotif Tanah Abang.

Depo pun terlihat kosong, tidak ada lokomotif ataupun KAIS yang terparkir di dalam depo. Aktivitas perawatan lokomotif dan KAIS telah berpindah ke Depo Lokomotif Cipinang sejak Sabtu (24/12) kemarin. Seluruh dokumen dan peralatan di Depo Lokomotif Tanah Abang telah dipindah ke Cipinang menggunakan kereta bagasi.

Depo Lokomotif Tanah Abang yang saat ini sudah dikosongkan dari aktivitas perawatan lokomotif
Depo Lokomotif Tanah Abang yang saat ini sudah dikosongkan dari aktivitas perawatan lokomotif | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Tidak menutup kemungkinan lokomotif-lokomotif milik Depo Lokomotif Tanah Abang akan berpindah kepemilikannya ke Depo Lokomotif Cipinang. Jadi nantinya lokomotif dan kereta inspeksi yang sebelumnya menggunakan cap Tanah Abang dapat saja berganti menjadi Cipinang. Dinasan lokomotif KA Lokal Merak dan lokomotif langsir Balai Yasa Manggarai juga tidak menutup kemungkinan akan menggunakan lokomotif cap Cipinang.

Di atas papan nama Depo Lokomotif Tanah Abang dipasang papan bertuliskan “di sini akan dibangun Stasiun Tanah Abang (Baru).” Memang sudah sejak lama Pemprov DKI Jakarta, Kemenhub, dan KAI berencana untuk membangun bangunan baru Stasiun Tanah Abang.

Melansir dari Antara, dengan mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD), selain stasiun nantinya juga akan dibangun apartemen seperti yang ada di Stasiun Tanjung Barat dan Pondok Cina.

Aktivitas pembongkaran di Depo Tanah Abang yang telah bermulai pada Minggu (25/12) malam
Aktivitas pembongkaran di Depo Tanah Abang yang telah bermulai pada Minggu (25/12) malam | Foto: Gema Swargaloka

Tim REDaksi telah melihat ekskavator di Stasiun Tanah Abang pada Minggu (25/12) malam. Hal ini pun terkonfirmasi oleh seorang warganet yang berada Di lokasi. Dalam foto tersebut tampak sebuah ekskavator sedang melakukan pembongkaran. Di sampingnya juga tampak truk yang mengangkut material hasil bongkaran.

Sejarah Singkat

Selayaknya Depo Lokomotif Jatinegara, Depo Lokomotif Tanah Abang memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kereta api. Depo Lokomotif Tanah Abang terkenal sebagai “spesialis” KRD MCW dan lokomotif diesel hidrolik di Jakarta. Hal tersebut terbukti dengan lokomotif diesel hidrolik seperti C300, BB304, BB306, D301, dan BB300 pernah berumah di Tanah Abang serta kereta inspeksi dengan basis MCW302 menggunakan cap Tanah Abang.

Bagi pecinta kereta api di Lintas Kulon tentu Depo Lokomotif Tanah abang memiliki tempat di hati mereka. Lokomotif yang digunakan menarik KA Lokal Merak ataupun KA yang pernah beroperasi di Lintas Kulon seperti Merak Jaya, Kalimaya, Rangkas Jaya, Banten Ekspres, Langsam, Patas Merak, hingga Krakatau seringkali menggunakan lokomotif dengan cap Tanah Abang.

Terima kasih Depo Lokomotif Tanah Abang. Jasamu akan selalu terkenang di hati para pecinta kereta api.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Terima Kasih Depo Lokomotif Tanah Abang

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×