KAI Commuter Ambil Alih Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta

KRL KAI Bandara
KRL Bandara Manggarai-Soekarno-Hatta melintas bilangan Mampang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 3/1 –  Setelah cukup lama menjadi kabar angin, akhirnya ada kepastian mengenai nasib KA Bandara Soekarno Hatta. KAI Commuter resmi mengambilalih layanan KA Bandara Soekarno Hatta pada tahun 2023 ini. Hal tersebut disampaikan oleh pihak KAI Commuter melalui rilis di story Instagram resminya pada Senin (2/1) kemarin.

Jadi tidak menutup kemungkinan seluruh layanan KA Bandara Soekarno Hatta mulai dari operasional kereta, stasiun, ticketing, hingga non-farebox akan dikelola oleh KAI Commuter. Rencana pengambilalihan operasional KA Bandara Soekarno Hatta oleh KAI Commuter sebenarnya sudah direncanakan sejak lama.

Tangkapan layar dari story Instagram KAI Commuter | Foto: KAI Commuter

Dalam persentasinya di focus group discussion Dewan Transportasi Kota Jakarta yang diikuti oleh sejumlah stakeholder pada 2021 lalu, KAI Commuter menyebutkan rencana penugasan KAI Commuter sebagai operator KA Bandara Soekarno Hatta. Integrasi operasional pun mulai dilakukan perlahan mulai dari penggunaan KMT untuk KA Bandara Soekarno Hatta hingga Commuter Line yang berhenti reguler di Stasiun BNI City. Rencana yang terakhir ini pun terwujud pada 30 Juli 2022 silam, di mana KRL Commuter Line berhenti di Stasiun BNI City.

Namun belum diketahui mulai kapan operasional KA Bandara Soekarno Hatta akan mulai diserahkan penuh kepada KAI Commuter. Serta apakah nantinya KAI Commuter juga akan mengoperasikan KA Bandara di daerah lain seperti Sumbar, Yogyakarta, dan Solo. Mengingat sejumlah KA bandara mendapatkan PSO pada tahun 2023 dan berstatus sebagai KA komuter. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “KAI Commuter Ambil Alih Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: