[OPINI] 76 Tahun KAI: Bagaimanakah KAI Bergerak di Tengah Pandemi?
Rencana Pengambilalihan Operasional KAI Bandara oleh KAI Commuter
Dalam focus group discussion Dewan Transportasi Kota Jakarta yang diikuti oleh sejumlah stakeholder, KAI Commuter dalam presentasi mereka tampak menyebutkan rencana penugasan mengoperasikan KRL Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2021. Namun, KAI Commuter sama sekali tidak menjelaskan rencana tersebut karena memang saat itu membahas integrasi pertiketan, dan saat ini belum ada rencana lanjutan.
Menurut Tim REDaksi, jika KAI Commuter ingin serius mengambil alih operasi KAI Bandara, integrasi dengan layanan reguler mereka harus ditingkatkan. Saat ini, KAI Bandara memang sudah mengenal program tap and go di mana pengguna dapat langsung tap in dengan menggunakan kartu uang elektronik, termasuk Kartu Multi Trip KAI Commuter.
Akan tetapi, saat uji coba KRL Premium yang berlangsung dari 1 hingga 16 April silam, pembayaran untuk tap and go justru tidak tersedia. Dengan harga yang lebih murah, meski memang pengguna tidak terjamin tempat duduknya tidak sedikit yang menyayangkan layanan ini berhenti diujicobakan.
Jikalau layanan ini ingin dibangkitkan kembali oleh KAI Commuter saat mengambil alih operasi KRL Bandara, hendaknya KAI Commuter dapat melakukan penyesuaian kembali agar layanan ini bisa tap and go. Hal ini dapat sangat membantu pengguna, terlebih tarif KRL Premium ini memang lebih murah daripada KRL Bandara yang biasa melayani penggunanya.
Halaman Selanjutnya: Rollercoaster Mencapai Komitmen “Service Excellent”
Halaman Sebelumnya: Promo Tes KA Jarak Jauh
Pingback: KAI Commuter Ambil Alih Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta - Railway Enthusiast Digest