Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Pelanggan Keluhkan Variasi Kelas Ekonomi, KAI: Sudah Direncanakan Peremajaan

KA Menoreh, salah satu KA ekonomi dengan bangku tegak dengan jumlah total 80 tempat duduk | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 13/1 – Isu tiket KA mahal dan kualitas layanan KA yang sejumlah warganet anggap tidak sebanding masih menjadi isu panas. Jika sebelumnya para pengamat memberi tanggapan terkait penyebab tiket mahal, para pelanggan selain mengeluhkan mahalnya tiket, juga mengeluhkan kualitas pelayanan.

Melansir dari Detik Travel, bahkan memilih tiket kereta ekonomi sendiri sampai dianggap seperti “bermain judi”. Di antaranya adalah kelas ekonomi yang sangat beragam, dan ketidakpastian arah kursi. Saat ini KAI memang memiliki sarana kereta kelas ekonomi yang sangat beragam. Dari kereta ekonomi 106 tempat duduk (baik subsidi ataupun nonsubsidi), 80 tempat duduk tegak, New Image, dan Stainless Steel.

Dalam artikel tersebut, para pengguna mengeluhkan harga kereta ekonomi yang mahal, tetapi terkadang masih ada kursi tegak. Menurut mereka, harga kereta ini sudah hampir seperti kereta ekonomi premium. Oleh karenanya mereka pun berekspektasi lebih terhadap pelayanan KAI. Mereka merasa subkelas harus KAI jelaskan ke masyarkat. Selain itu, menurut mereka tiket KA tidak seharusnya dijual dengan batas atas dan bawah, karena tidak memiliki pesaing.

KAI: Kursi Tegak Sudah Mulai Diganti

KA Bogowonto yang beroperasi semasa natal dan tahun baru dengan kereta ekonomi hasil modifikasi. Menurut KAI, sudah ada 96 unit kereta dengan perlakuan seperti ini. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Menanggapi hal ini, VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa kursi tegak pada sejumlah kereta ekonomi sudah mulai mendapat penggantian. Melansir dari Kompas, Joni menerangkan hingga tahun 2022 telah ada 96 unit kereta ekonomi biasa yang telah mendapat penggantian kursi.

Pada tahun 2020, ada 4 unit kereta yang mendapat penggantian kursi. Lalu pada 2021 ada 14 unit, dan pada 2022 ada 78 unit yang mendapat penggantian kursi. Ia menargetkan KAI akan berupaya mengganti kereta ekonomi sehingga pelayanan dapat terus meningkat.

Dalam rilis pers KAI sendiri, sejak Agustus 2022 KAI memang telah merencanakan untuk peremajaan kereta ekonomi. Dari 1.346 kereta penumpang, 831 kereta di antaranya merupakan kereta kelas ekonomi. 22 persen dari jumlah total kereta penumpang sudah memerlukan peremajaan atau penggantian unit kereta.

Agar Tidak Salah Pesan Kereta Ekonomi

Pembaca yang bimbang akan memilih kereta ekonomi, agar pembaca tidak salah memilih kereta, Tim REDaksi telah menyajikan panduan bagi pembaca lho! Perbedaan terkait harga dan layout kursi antara kereta ekonomi 80 tempat duduk dan ekonomi Premium dapat pembaca lihat di sini.  (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Pelanggan Keluhkan Variasi Kelas Ekonomi, KAI: Sudah Direncanakan Peremajaan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses